Nature & Health

Mengajari Si Kecil Merawat Tanaman Sejak Kecil

Merawat tanaman bisa mendatangkan banyak manfaat. Semakin banyak tanaman yang tumbuh, akan membuat lingkungan menjadi sejuk, asri, mengurangi polusi udara, sekaligus dapat menyelamatkan bumi di masa depan. Untuk itu, tak ada salahnya bila Bunda mengajari Si Kecil merawat tanaman sejak usia dini. Berikut ini tips yang dapat Bunda lakukan untuk membuatnya bersemangat merawat tanaman. Dijamin Si Kecil akan tertarik dan bersemangat untuk bercocok tanam!

Menanam tumbuhan yang mudah dirawat.

Pertama-tama Bunda bisa memberikan pilihan beberapa jenis tanaman yang umum dan mudah dirawat seperti tomat, sayuran, strawberry dan lainnya. Mengingat masih dalam tahap belajar, biasanya Si Kecil kerap tidak sabar ingin melihat hasil yang cepat. Untuk itu sebaiknya berikan pilihan jenis tanaman yang mampu tumbuh berbunga dan berbuah dalam waktu yang cepat. Dengan hasil yang cepat terlihat, maka Si Kecil akan lebih terpacu untuk menanam lagi dan merawat tanaman lebih banyak.

Bebaskan Si Kecil memilih tanaman

Setelah menyiapkan beberapa jenis tanaman atau bibit pohon untuk ditanam, biarkan Si Kecil memilih apa yang ingin ditanamnya. Karena Si Kecil pastinya punya selera sendiri tentang tanaman apa yang disukainya. Hal ini akan membuat semangat Si Kecil lebih tinggi untuk merawat tanaman bila dibandingkan harus menanam tanaman yang dipilihkan oleh orang lain. Dengan melibatkannya secara langsung untuk memilih tanaman, Si Kecil juga akan merasa pendapatnya dihargai dalam membuat keputusan.

Sediakan lahan dan peralatan untuk Si Kecil

Tidak memiliki pekarangan yang luas bukan menjadi alasan untuk tidak mengajak Si Kecil mencintai bumi. Tak perlu harus punya lahan luas di rumah untuk menanam, Bunda bisa memanfaatkan taman mungil untuk merawat tanaman dengan Si Kecil. Siapkan sedikit lahan untuk Si Kecil menanam dan memanfaatkan tanaman yang memakai media pot. . Lalu cukup sediakan pot, bibit tanaman dan peralatan bercocok tanam sederhana. Berikan contoh pada Si Kecil cara menanam dan berilah pengarahan bagaimana cara merawatnya. Jelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami Si Kecil.

Berikan kesempatan bereksplorasi

Biarkan Si Kecil bebas untuk menghias potnya. Hal ini akan mengasah kreativitasnya dan membuat kegiatan menanam jadi tidak membosankan.  Bila biasanya pot berwarna hitam atau cokelat polos, beri Si Kecil kesempatan untuk memberi gambar, mengecat warna –warni ataupun menuliskan namanya. Itu akan membuatnya bangga dan senang sekaligus Si Kecil akan menjaga pot dan tanamannya dengan antusias. Menggunakan peralatan berkebun yang lucu juga akan membuat Si Kecil bersemangat bercocok tanam lho.

Jelaskan manfaatnya

Aktivitas menanam akan memberikan dampak positif pada anak. Sambil menanam, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan dan bumi pada Si Kecil. Berilah penjelasan sederhana agar mudah diterima Si Kecil, misalnya tumbuhan akan membuat udara lebih sejuk karena menghasilkan oksigen untuk pernafasan. Jelaskan pula bahwa menanam pohon akan membuat rumah lebih teduh dan membantu menyimpan cadangan air. Sambil asyik menanam, Bunda juga bisa menceritakan dongeng tentang tumbuhan. Hal ini juga akan melatih daya imajinasi Si Kecil.

Mengajari Si Kecil merawat tanaman secara tidak langsung merupakan cara Bunda mengajarkan tanggung jawab pada Si Kecil untuk merawat tanaman miliknya sendiri. Bunda juga sekaligus bisa melatih Si Kecil untuk melestarikan lingkungan dan mencintai bumi. Simak tips lainnya di bundakonicare.com ya, Bun. Selamat mencoba!

 

Photo credit: pexels.co

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

geby_ariesa

sangat inspiratif..

wardafaridiyah

siiippp mari belajar bersama...

mama3d8

akan dicoba

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved