Nature & Health

Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Rumput Laut

Sebagai orang yang tinggal di negara yang memiliki sektor laut yang sangat luas, sudah pasti anda mengenal apa itu rumput laut. Sesuai namanya, rumput laut ini tumbuh di air laut dan biasanya akan dipanen untuk kemudian dijual di pasar. Kebanyakan masyarakat kita mengolah rumput laut ini untuk dijadikan agar-agar, snack atau menjadi bahan baku utama pembuatan es rumput laut.

Selain karena rasanya yang gurih menyegarkan, teksturnya yang kenyal dan mudah didapatkan, rumput laut ini dikenal juga sebagai bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Dilansir dalam laman stylecraze.com, berikut merupakan manfaat rumput laut untuk menjaga kesehatan.

Menjaga kesehatan pencernaan

kandungan terbesar dari rumput laut adalah serat, maka sudah jelas kalau salah satu manfaat yang terkandung dalam rumput laut adalah untuk melancarkan pencernaan. Tidak hanya itu, rumput laut juga berperan sebagai bahan untuk melakukan detoks tubuh dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menjaga kesehatan jantung

Selain serat, rumput laut pun kaya akan kandungan folat, yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penumpukan homosistein dalam tubuh guna menghindari penyakit jantung. Selain itu, rumput laut banyak mengandung protein yang berguna untuk membuat perut kenyang lebih lama. Tidak heran kalau rumput laut sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika anda sedang dalam program diet.

Membantu mengatur hormon

Dalam rumput laut terkandung Vitamin K yang tinggi untuk membantu kelenjar adrenal berfungsi dengan maksimal. Hal inilah yang kemudian hormon dalam tubuh anda menjadi lebih seimbang. Bahkan beberapa jenis rumput laut, seperti nori, wakame, kombu dan bladderwrack diketahui memberikan sumber vitamin K yang berlimpah.

Meningkatkan kesuburan

Unsur penting seperti yodium, zink, selenium dan magnesium yang tinggi dalam rumput laut, dipercaya mampu untuk meningkatkan tingkat kesuburan pria maupun wanita. Untuk itu, kalau sekarang ini anda menginginkan kehadian momongan dalam kehidupan rumah tangga anda, tidak ada salahnya kalau mulai sekarang anda rajin mengonsumsi rumput laut.

Menyembuhkan kanker

Rumput laut diketahui mengandung senyawa fucoidans, senyaw aini secara klinis telah terbukti ampuh sebagai pembunuh sel kanker tanpa membunuh sel tubuh yang normal dan sehat. Tidak hanya itu, polisakarida dan fucoidans juga dapat membantu untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga tubuh anda tetap bugar sepanjang hari.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

apti_naira

selain rasanya rnak ternyata banyak sekali yaa manfaat rumput laut.

muslikhatun

banyak bgt di sini

muslikhatun

wow

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved