Nature & Health

Manfaat Pijat Oksitosin Untuk Bunda Menyusui

ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi Buah Hati, tak jarang jika Bunda yang sedang menyusui melakukan berbagai cara untuk melancarkan produksi air susu. Cara yang dilakukan diantaranya dengan rutin memerah, makan makanan yang bergizi sampai mengkonsumsi vitamin untuk ASI Booster. Namun, tahukah Bunda bahwa ada cara lain yang bisa dilakukan dan cukup menyenangkan untuk dicoba? Cara tersebut adalah dengan melakukan pijat Oksitosin

Pijat Oksitosin dilakukan di daerah punggung, dimana pijatan dilakukan di sepanjang tulang belakang untuk merangsang produksi hormon Oksitosin dalam tubuh. Oksitosin merupakan hormon yang diproduksi oleh salah satu bagian otak lalu dikeluarkan melalui kelenjar di belakang otak. Lalu apa saja sih manfaat dari pijat Oksitosin tersebut? Berikut adalah manfaatnya :

1.  Meningkatkan produksi hormon Oksitosin dan prolaktin

Manfaat utama dari pijat Oksitosin ini memang untuk meningkatkan hormon Oksitosin dimana hormon ini juga meningkatkan pelepasan hormon prolaktin, sehingga memicu produksi ASI lebih banyak.

2. Memperlancar produksi ASI

Pijat Oksitosin juga bisa dikatakan sebagai ASI booster lho, Bun. Oksitosin menyebabkan otot-otot di sekitar kelenjar susu mengalami kontraksi sehingga ASI mengalir deras atau lebih dikenal dengan Let Down Reflex (LDR). Saat ini terjadi, si Bayi menjadi lebih mudah menyusu bahkan terkadang bisa sampai membuatnya tersedak akibat banyaknya ASI yang keluar.

3. Membuat tubuh menjadi lebih rileks

Pernah gak sih saat merasa stress aliran ASI yang keluar menjadi lebih sedikit? Jika hal ini terjadi, Bunda bisa meminta Ayah untuk melakukan pijatan Oksitosin. Pijatan ini akan menghilangkan stress, meningkatkan relaksasi sehingga membantu Bunda untuk tidur lebih berkualitas dan ASI pun menjadi lancar.

Cara Pijat Oksitosin

Pijat Oksitosin bisa dilakukan oleh siapa saja dan untuk melakukan pijatan ini tidaklah sulit kok, Bun. Bunda bahkan bisa melibatkan Ayah untuk membantu melakukannya. Cara melakukannya Bunda bisa memposisikan tubuh senyaman mungkin sambil memeluk bantal, lalu ajak Ayah untuk memijat kedua sisi tulang belakang dengan pijakan kuat namun lembut, lakukan pijatan ini selama 2-3 menit. Untuk membuat Bunda tambah rileks, minta Ayah untuk menggunakan Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass untuk memijat. Harum alami tanpa tambahan parfumnya memberikan kesegaran sehingga Bunda akan terasa lebih tenang dan rileks. Perlu diingat ya, Bunda yang bahagia maka produksi hormon Oksitosin pasti juga akan meningkat. Jadi, yuk ajak Ayah untuk pijat Bunda :D
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

MomyhAmy

Informasi nya sangat bermanfaat sekali terima kasih konicare

Elizabethamora

thanks

Ghisa_Yumna

sangat bermanfaat.. terimakasih konicare

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved