Nature & Health

Teratai


Apa yang ada di benak Anda tentang bunga teratai? Pastinya bunga indah yang hidup di air/daerah rawa. Warnanya yg menarik dan cantik adalah pesona bunga teratai tersebut.

Teratai ini tumbuh secara liar. Namun kini sudah banyak yang melakukan pembudidayaan terhadap bunga teratai ini untuk dijadikan tanaman hias. Bunga Teratai cukup diminati karena memang warnanya yang cantik dan hidupnya di air menjadi salah satu daya tarik bunga ini untuk dijadikan budi daya tanaman hias. Tanaman ini tumbuh tegak dan mempunyai rimpang yang tebal dan bersisik. Selain mempunyai keunikan, Teratai juga memiliki banyak khasiat sebagai ramuan herbal. Teratai tumbuh menjalar, sementara daun dan bunganya keluar dari rimpang.

Nama latin: Nelumbium nucifera

Khasiat:

  • Akar bunga Teratai bisa digunakan untuk menurunkan panas, menghentikan pendarahan, dan mendinginkan darah. Selain itu, akar teratai juga berguna untuk menyembuhkan disentri, bentuk darah, mimisan, demam, dan hipertensi.
  • Biji teratai berguna sebagai penenang, memelihara kesehatan jantung, mengatasi susah tidur, lemah, lesu, dan jantung berdebar keras.
  • Teratai juga banyak digunakan untuk mengatasi gangguan penyerapan makanan, diare karena badan lemah, radang usus kronis, muntah-muntah, keputihan, mimpi basah (spermatorrhea), susah tidur, banyak mimpi, kencing terasa sakit dan keruh, dan kanker nasofaring (jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut).

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

himma

ok

Alisca

ok

dewiratih

bermanfaat sekali artikelnya, terimakasih bunda konicare

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved