Nature & Health

Beberapa Efek Samping Tanaman Herbal Populer

Istilah back to nature, perlahan tapi pasti sudah mulai membuat kita sadar akan pentingnya alam dan segala potensi yang terkandung di dalamnya. Salah satu imbasnya, istilah back to nature ini telah membuat sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan obat herbal yang berasal dari tanaman obat-obatan yang ada di sekitar.

Selama ini, berbagai obat herbal memang dianggap lebih ampuh untuk mengatasi penyakit, bahkan beberapa orang percaya kalau obat herbal sangat minim efek samping. Tapi benarkah demikian?

Seperti dilansir dari laman ivonesh.student.umm.ac.id, walaupun memang minim efek samping, tapi bukan berarti obat herbal ini benar-benar tanpa efek samping. Bahkan belakangan ini diketahui ada beberepa obat herbal yang justru bisa menimbulkan efek samping yang lebih serius.

Kebanyakan masalah efek samping ini timbul karena takaran penggunaan yang tidak tepat atau kesalahan informasi mengenai tumbuhan yang digunakan sebagai bahan baku obat-obatan herbal ini. Selain itu, cara penggunaan yang keliru juga bisa saja menimbulkan efek samping yang kebih berat, bahkan risikonya bisa smapai menyebabkan kematian.

Dilansir dari laman gentongmas.com, mengonsumsi obat herbal yang berlebih akan berpengaruh pada organ tubuh itu sendiri. Berikut merupakan beberapa contoh tanaman herbal yang harus diperhatikan sekali ketika anda akan mengonumsinya, terutama jumlahnya dan untuk beberapa orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Gambir

Walaupun rasanya pahit, tapi gambir sudah lama dipercaya sangat berkhasiat untuk menghentikan diare. Bahkan beberapa orang kerap menggunakan gambir sebagai terapi untuk memperindah suara. Tapi ingat, penggunaan gambir lebih dari satu ibu jari dalam sekali konsumsi, bisa menyebabkan anda tidak bisa buang air besar selama berhari-hari.

Mentimun

Banyak khasiat yang bisa kita dapatkan dari sayuran yang satu ini, salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Tapi kalau dikonsumsi lebih dari dua buah besar dalam sekali makan, maka tekanan darah anda bisa menurun drastis. Terutama bagi orang yang memiliki tekanan darah yang normal atau bahkan rendah.

Miyak jarak

Sebagai salah satu produk herbal yang sangat populer, minyak jarak dipercaya mampu sakit perut dengan mudah dan cepat. Tapi kalau penggunaannya berlebihan, maka minyak jarak ini bisa saja menyebabkan iritasai pada saluran pencernaan anda.

Daun seledri

Sama seperti mentimun, daun seledri juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Tapi kalau anda menggunakan daun seledri ini lebih dari satu gelas perasan dalam sehari, efeknya bisa menurunkan tekanan darah secara drastis.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

apti_naira

wah terimakasih atas informasinya

princessmerry

mentimun dan seledri memang bs turunkan tekanan darah dngm drastis klo kebanyakan

widayantilestary26

thakyou infonya konicare ♡

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved