Nature & Health

Inilah Cara Alami untuk Membuat Rambut Si Kecil Tumbuh Lebih Lebat

Tak semua bayi terlahir dengan rambut yang lebat, bahkan hingga menginjak usia tertentu rambut bayi juga tak kunjung tumbuh. Hal ini tentunya akan menimbulkan kecemasan pada orang tua. Jika pada orang dewasa, tentu hal ini lebih mudah diatasi karena kita bisa menggunakan sampo tertentu. Namun, bagi Si Kecil yang kulitnya masih sensitif, pemakaian sampo bisa mengakibatkan iritasi. Tak perlu bingung, Bunda. Rambut Si kecil bisa ditumbuhkan secara alami tanpa menggunakan bahan kimia sehingga lebih aman. Berikut tips yang bisa Bunda ikuti.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri adalah cara alami pertama yang bisa Bunda coba. jika Bunda tidak bisa mendapatkannya di toko terdekat, maka buat saja sendiri minyak ini. Caranya, sangrai beberapa biji kemiri. Jangan sampai terlalu gosong, ya. Jika sudah berwarna kecokelatan, langsung angkat lalu tumbuk hingga lembut. Masukkan tumbukan ini ke dalam kain peras yang bersih, kemudian peras minyaknya.

Kemiri tidak mengeluarkan minyak sebanyak buah zaitun atau kelapa sawit. Jadi, bukan minyaknya yang Bunda oleskan pada kulit kepala Si Kecil, tapi kain untuk memeras tadi. Gosokkan kain tersebut secara lembut. Pastikan juga permukaan kain tidak kasar sehingga tidak melukai kulit Si Kecil.

Lidah Buaya

Apakah Bunda punya tanaman lidah buaya di pekarangan rumah? Iris daunnya, lalu cuci bersih dari tanah dan debu. Kemudian belah bagian tengahnya dan ambil getahnya. Oleskan pada kepala Si Kecil. Ingat ya, Bunda, jangan terlalu banyak, sedikit saja. Lidah buaya juga mengandung vitamin E yang baik untuk Si Kecil. Selain itu, sensasi dingin yang ditimbulkannya juga akan membuat Si Kecil merasa nyaman. Biarkan selama lima menit, lalu bilas dengan air atau mengelapnya dengan kain basah.

Pisang dan Minyak Zaitun

Kandungan kalium pada pisang dapat menstimulasi kulit kepala untuk menumbuhkan rambut lebih lebat. Sedangkan minyak zaitun akan membantu menguatkan folikel rambut sehingga tidak mudah rontok dan patah. Caranya, Bunda harus melumatkan pisang terlebih dahulu. Ambil beberapa potong saja. Campurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan potongan pisang yang sudah dilumatkan tadi, lalu oleskan ke kulit kepala Si Kecil. Biarkan selama sepuluh menit, lalu bersihkan kulit kepala Si kecil.

Minyak Kelapa Virgin

Bisa jadi rambut yang tidak tumbuh lebat pada bayi disebabkan karena kurangnya nutrisi dari dalam. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Bunda membantu memberikan nutrisi dari luar. Caranya yakni dengan mengoleskan minyak kelapa secara merata. Jangan terlalu banyak karena bisa menetes ke mata Si kecil. Minyak kelapa ini mengandung bahan anti bakteri yang bisa membuat kulit kepala Si Kecil lebih sehat.

Karena tidak mengandung bahan kimia, maka cara alami untuk menumbuhkan rambut pada Si Kecil memiliki tingkat risiko iritasi yang lebih rendah. Namun, Bunda juga harus tetap ingat untuk tidak memberikannya terlalu sering, sebaiknya lakukan setiap dua minggu sekali secara teratur. Cara ini bisa Bunda lakukan pada bayi berusia minimal satu tahun karena kalau kurang dari itu, dikhawatirkan kulitnya masih sensitif. Jadi, dari semua cara di atas, mana yang akan Bunda pilih?

 

Photo credit: bottlein (pixabay.com)

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved