Nature & Health

Bunga Matahari

Bunga matahari berwarna kuning dan mempunyai bentuk seperti matahari. Di dalam bunga tersebut terdapat biji-bijian yang dapat diolah menjadi camilan, yaitu kuaci. Bunga ini mudah sekali ditanam dan tak jarang tumbuh secara liar di pinggir-pinggir jalan dan pekarangan rumah. Selain dimanfaatkan untuk camilan, ternyata bunga matahari juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagian tanaman yang sering digunakan mulai dari bunga, sumsum batang tanaman, sampai ke akarnya.

Selain dimanfaatkan untuk camilan, ternyata bunga matahari juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.


Setiap bagian dari bunga matahari memiliki khasiatnya sendiri, seperti: 

  1. Bagian bunga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa nyeri (analgesik), nyeri haid (dysmenorrhea), nyeri lambung (gastric oain), sakit kepala, sakit gigi, sakit perut, radang payudara (sebagai obat luar), radang persendian (sebagai obat luar), mencegah penuaan dini, dan mengatasi sulit melahirkan.
  2. Akarnya dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk, batu ginjal, bronkitis, keputihan, radang, peluruh air seni, pereda batuk, dan menghilangkan nyeri.
  3. Bagian daun dapat dimanfaatkan untuk mengobati radang, malaria, dan mengurangi rasa nyeri.
  4. Biji bunga matahari dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan nafsu makan, mengatasi lesu, sakit kepala, disentri berdarah, merangsang pengeluaran cairan tubuh seperti hormon dan enzim, serta merangsang keluarnya campak (measles).
  5. Sumsum dari batang dan dasar bunga (reseptaculum) dapat membantu merangsang energi vital, menenangkan lever, merangsang pengeluaran air kemih, menghilangkan rasa nyeri pada waktu buang air kemih, mengatasi nyeri lambung, air kemih berdarah (hematuria), air kemih berlemak (chyluria), kanker lambung, dan kanker esofagus.
Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved