Mitos & Fakta

Mitos Dan Fakta Tentang Rematik

1. Sering Mandi Malam di Usia Muda Memicu Rematik di Usia Tua

Faktanya, sejauh ini belum ada bukti yang menguatkan bahwa mandi malam akan menyebabkan penyakit reumatik. Pada prinsipnya mandi malam atau mandi air dingin tidak menyebabkan rematik.

2. Makan Kangkung atau Bayam Sebabkan Rematik

Tidak ada hasil penelitian yang menghubungkan antara bayam atau kangkung dengan riisko rematik.

3. Penyakit Rematik adalah Penyakit Tulang

Faktanya rematik adalah penyakit yang menyerang persendian tulang dan terdiri dari berbagai jenis di antaranya adalah osteoartritis dan reumatoid artritis. Osteoartritis paling sering menyerang sendi-sendi besar yang mendukung berat badan seperti sendi lulut, panggul, tulang belakang, punggung dan leher meski tidak tertutup kemungkinan menyerang daerah lain. Sementara reumatoid artiritis dikarenakan sistem imun yang menyerang lapisan atau membran sinovial sendi dan melibatkan seluruh organ-organ tubuh, dapat menyebabkan kecacatan.

4. Penyakit Rematik hanya Mengincar Orang Berusia Lanjut

Faktanya, rematik menyerang semua orang, tua maupun muda baik pria maupun wanita tergantung pada jenis penyakit rematiknya. Pada rematik jenis osteoartritis umumnya menyerang orang-orang berusia diatas 45 tahun sementara jenis Lupus Eritematosus menyerang wanita muda usia produktif tetapi juga dapat mengenai setiap orang. Para pria lebih mudah terserang Gout.

5. Rematik adalah Penyakit Keturunan

Faktanya, rematik tidak selalu diturunkan secara langsung dari orang tua ke anak.

6. Sakit pada Tulang di Malam Hari adalah Tanda Gejala Rematik

Faktanya, gejala-gejala yang umumnya terjadi pada penderita rematik adalah pegal-pegal dan peradangan pada sendi (merah, bengkak, nyeri, terasa panas dan umumnya sulit digerakkan). Gejala ini tidak terbatas pada malam hari. Bisa saja menyerang setiap saat.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimakasih infonya bunda :)

lily09

mitos nh

ifadatun

nuhun infonya????

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved