Kehamilan

Waspada Kehamilan Pada Minggu-Minggu Ini

Kehamilan merupakan saat yang paling membahagiakan, sangat pantas kalau kondisi ini disambut suka cita seluruh anggota keluarga. Bagi beberapa Ibu hamil, kebahagiaan ini disertai dengan berbagai keluhan yang cukup menganggu, misalnya, mood swing, morning sickness dan keluhan-keluhan lain yang berbeda sesuai dengan tahapan usia kehamilan.

Untuk mengetahui kapan saja Ibu hamil akan mengalami keluhan dimasa kehamilan, berikut merupakan minggu-minggu waspada kehamilan bagi ibu hamil.

Minggu ke-6

Pada minggu ke-6, biasanya akan mulai muncul rasa mual. Dalam kondisi ini, sebaiknya anda lebih waspada lagi kalau sampai anda muntah berat atau hiperemesis gravidarum. Dalam minggu ini, Ibu hamil terancam kelelahan dan bahkan akan mengalami penurunan berat badan yang drastis.

Minggu ke-7

Melanjutkan dari munggu ke-6, minggu ke-7 anda masih akan menghadapi tantangan yang kurang lebih sama, tapi kondisi ini akan diperparah dengan timbulnya rasa pusing dan kepala terasa berputar-putar. Hati-hati, anda jangan sembarangan minum obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan kalau memang anda merasa sangat membutuhkan obat ini.

Minggu ke-8

Dalam minggu ke-8, tantangan yang akan Ibu hamil hadapi adalah sembelit atau susah buah air besar. Tenang saja, kondisi ini sangat wajar kok. Tapi sebaiknya Ibu hamil jangan asal minum obat untuk mengatasi sembelit, perbanyaklah makan-makanan yang berserat tinggi, seperti sayur-sayuran segar dan buah-buahan serta perbanyaklah minum air putih. Kalau memang sangat membutuhkan obat anti sembelit, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Minggu ke-12

Pada minggu ini, bisa saja anda akan mengalami gusi berdarah ketika menggosok gigi. Bila terjadi seperti ini berkali-kali, sebaiknya kunjungi dokter gigi dan jelaskan kondisi yang anda alami, termasuk kondisi kehamilan anda.

Minggu ke-20

Sekarang perut anda sudah terlihat semakin membesar, tantangan berikutnya adalah sakit pinggang. Sebaiknya, anda mulai sering melakukan relaksasi dan berolahraga. Pada saat perut membesar kulit akan mengalami pereganggan, keadaan ini biasanya menimbulkan rasa gatal. Jika anda mengalaminya sebaiknya jangan di garuk karena akan meninggalkan parut (strechmark) pada kulit.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ratu_aghisa

Subhanallah... Seperti yg sedang saya alami di minggu ke 8 ini sepertinya kurang lancar buang air besar.. Mudah²an di minggu berikutnya di beri kelancaran selalu ????

ifadatun

makasih infonya bundakonicare

zubaidah_yaniarti326

mksh infonya min. bermanfaat sekali

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved