Kehamilan

Pola Makan yang Tepat untuk Ibu Hamil

Perlu anda ketahui, pola makan bukan terfokus kepada apa yang anda makan setiap hari, tapi anda harus memperhatikan jumlah dan frekwensi makanan tersebut masuk ke mulut anda. Terlebih untuk ibu hamil. Bagaimanapun juga, seorang ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari wanita lainnya. Tentunya semua kebutuhan tersebut akan bisa anda penuhi kalau anda memiliki pola makan yang baik.

Pola makan ibu hamil harus terfokus kepada kualitas, bukan kuantitas

Banyak anggapan yang beredar kalau ibu hamil itu harus makan dua kali lebih banyak dari kondisi biasanya, hal tersebut diakibatkan si Ibu harus menanggung makan janin dalam kandungannya, hal inilah yang akhirnya membuat banyak wanita hamil akan makan dalam porsi jumbo.

Padahal, sebuah penelitian telah membuktikan kalau wanita hamil yang makan terlalu banyak akan berpotensi untuk tekanan darah tinggi, diabetes gestasional dan pre-eklamsia. Bahkan, dalam penelitian tersebut juga di temukan kalau kebiasaan buruk ini akan menyulitkan proses melahirkan anda, beresiko mengancam keselamatan bayi dan mempertinggi kemungkinan operasi caesar.

Untuk mencegah semua hal yang tidak diinginkan tersebut, berikut merupakan apnduan sederhana pola makan sehat dengan menu seimbang untuk para wanita hamil.

Jumlah

Jumlah makananan yang dikonsumsi haruslah seimbang dengan energy yang anda keluarkan. Makanya, untuk menyeimbangkan energi tersebut, sebagai wanita hamil anda juga dituntut untuk tetap beraktivitas. Misalnya dengan berjalan kaki, senam kehamilan dan kegiatan lainnya.

Jadwal

Kalau dilihat jadwal, ibu hamil dan menyusui minimalnya setidaknya harus makan 3 kali untuk makanan besar dan 2 kali untuk makan ringan. Selama  hamil dan menyusui, tidak ada alasan skip makan, yang harus anda kurangi adalah jumlah kalorinya.

Jenis

Dalm kondisi hamil, seorang wanita akan dituntut untuk memnuhi kebutuhan gizi dirinya dan janin dalam kandungannya. Setiap makanan yang anda konsumsi haruslah memiliki komposisi gizi yang seimbang, dari mulai kandungan protein, vitamin, zat besi dan lainnya.

Selain itu, bukan hanya asupan buah dan sayur saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil, tapi pada masa kehamilan ini, anda juga membutuhkan asupan cairan yang cukup. Hal tersebut berguna untuk mengatur konstipasi, membangun sel darah merah bayi, suhu tubuh, mengatur sistem sirkulasi dan cairan ketuban.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

zubaidah_yaniarti326

kadang krn susah makan dan gadoyan saat hamil kita yg penting makan dan lupa memenuhi nutrisi yang penting

muslikhatun

terimakasih banyak atas informasinya

ani

Yg bergizi

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved