Kehamilan

Penyebab Nyeri Punggung pada Wanita Hamil

Kebahagiaan Ibu hamil untuk segera menimang buah hati memang harus dibayar mahal, dari mulai trimester pertama yang harus bertarung dengan morning sickness, sampai dengan trimester ketika yang harus bergulat dengan nyeri punggung. Tidak hanya itu, selama masa kehamilan, Ibu hamil juga harus berhadapan dengan perubahan hormonal yang terkadang akan sangat menyulitkan anda.

Dari beberapa laporan menyebutkan, sekitar 50 sampai 70 persen Ibu hamil di dunia ini akan mengalami sakit punggung. Kondisi ini akan terasa sangat hebat pada trimester akhir masa kehamilan. Akibatnya, sakit punggung ini akan mengganggu rutinitas anda, dan bahkan sampai ada yang mengganggu waktu istirahat anda (tidur malam).

Lantas, apa sih pemicu sakit punggung ini?

Pada dasarnya, kondisi sakit punggung ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor grafitasi, hormonal, posisi tubuh dan berbagai faktor lainnya. berikut merupakan beberapa penyebab Ibu hamil merasakan sakit punggung salama masa kehamilan.

  • Seiring dengan usia kandungan yang semakin menua, makan kondisi perut anda pun akan semakin membesar. Akibatnya, titik berat tubuh Ibu hamil akan cenderung menjadi condong ke depan. Hal inilah yang menyebabkan rasa panas di punggung, dan bahkan terasa sakit.
  • Memiliki postur tubuh yang buruk bisa menjadi petakan untuk Ibu hamil. Selain itu, kalau Ibu hamil terus-menerus berdiri dan sering membungkuk, maka ini bisa saja akan memicu sakit pinggung yang sangat mengganggu.
  • Hormon yang dilepaskan selama masa kehamilan akan membuat persendian dan tulang panggul Ibu hamil meregang. Kondisi ini sangat wajar, karena ini merupakan bentuk persiapan tubuh untuk menghadapi proses persalinan nanti.

Walaupun kondisi ini memang normal, tapi ada beberapa Ibu hamil yang paling berisiko untuk menderita gangguan ini. Lantas siapa sajakah mereka?

  • Ibu hamil yang pernah menderita sakit punggung sebelumnya.
  • Ibu hamil yang mengandung janin kembar atau janin yang terlalu gemuk.
  • Ibu hamil yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk dan jarang beraktifitas.
  • Ibu hamil yang obesitas atau mengalami kegemukan, baik itu sebelum hamil maupun selama masa kehamilan.

Untuk mengatasi hal ini, anda harus mengetahui penyebab anda merasakan sakit punggung. Walaupun memang ini merupakan kondisi normal, tapi nyeri punggung selama masa kehamilan bisa diminimalisir dengan penanganan dan petunjuk dokter.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

chulizt_widodo

jadi susah tidur, posisi tidurpun jadi serba salah

zubaidah_yaniarti326

kalau sudah nyeri punggung gaenak tidur gaenak duduk mintanya dielus2 suami terus ????

princessmerry

pandai2 aja posisikan badan, jika pegal tidak ada salahnya minta suami pijit...

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved