Kehamilan

Makanan Sehat Ibu Hamil untuk Janin Usia Trimester Pertama

Hamil merupakan anugerah yang patut disyukuri. Bagi ibu muda, kehamilan pertama adalah saat yang ditunggu-tunggu. Mereka akan melakukan segalanya untuk memberikan yang terbaik bagi perkembangan janin, termasuk dalam pemilihan makanan, terutama saat perkembangan janin menginjak usia trimester pertama. Menurut penelitian, keguguran lebih banyak terjadi di usia kehamilan ini dan salah satu penyebabnya adalah dari makanan. Memilih makanan sehat untuk ibu hamil tidak terlalu susah kok, Bunda.

Jika Bunda sedang hamil di usia trimester pertama, ada baiknya mengonsumsi makanan berikut ini.

Sayuran Hijau

Makanan sehat ibu hamil yang pertama adalah sayuran. Karena ada bermacam-macam sayuran yang bisa dipilih, maka Bunda tidak akan merasa bosan. Cobalah untuk mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam. Bayam tinggi akan kandungan zat besinya sehingga akan membantu Bunda terhindar dari gejala kekurangan darah. Sel darah banyak diperlukan tubuh untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi ke janin. Jika pasokan darah berkurang, maka penyaluran nutrisi ke janin akan terhambat dan akan berdampak pada perkembangan janin.

Kacang-Kacangan

Makanan sehat ibu hamil juga bisa berupa camilan, misalnya kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung protein nabati yang berfungsi untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak sehingga sangat baik untuk membantu pertumbuhan sel-sel pada janin. Selain protein, kacang juga merupakan sumber mineral sehingga baik untuk dikonsumsi saat hamil. Contoh kacang-kacangan yang bisa Bunda konsumsi sebagai camilan sehat di saat hamil adalah kacang almond, kacang tanah, dan kacang kenari. Bisa juga kacang hijau yang diolah menjadi bentuk minuman.

Produk Olahan Susu

Susu adalah minuman kaya nutrisi yang tak hanya sehat dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi semua orang. Tapi pastikan Bunda tidak alergi susu, ya. Selain kaya protein, susu juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk pembentukan tulang pada janin. Namun, tentu saja, untuk mendukung hal ini sebaiknya Bunda harus rajin berjemur di bawah sinar mentari pagi demi pembentukan vitamin D sehingga proses pembentukan tulang pada janin bisa lebih sempurna. Selain susu, Bunda bisa juga mengonsumsi yogurt dan keju.

Seafood

Zat penting yang berperan dalam perkembangan otak janin adalah asam lemak omega 3. Bunda bisa mendapatkannya dari ikan laut, terutama ikan salmon. Tak hanya lezat, makanan sehat ibu hamil yang satu ini juga kaya akan protein dan asam lemak omega 3 sehingga sangat baik untuk membentuk kecerdasan otak janin mulai usia trimester pertama. Namun ingat, Bunda, ketika memilih ikan, pastikan dagingnya masih segar dan harus dimasak secara sempurna untuk menghindari masuknya bakteri yang kurang baik untuk pencernaan.

Buah-buahan

Satu lagi makanan sehat ibu hamil yang tak boleh ketinggalan, yaitu buah-buahan. Buah adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Bunda harus menjaga tubuh agar tetap sehat karena di usia kehamilan pertama, ibu muda cenderung mengalami penurunan kekebalan tubuh. Hal ini bisa disebabkan karena kondisi hormon yang tidak stabil sehingga bisa menyebabkan morning sickness dan juga stres. Morning sickness maupun stres bisa menurunkan nafsu makan sehingga asupan gizi ke dalam tubuh menjadi berkurang. Oleh sebab itu, atasi hal ini dengan mengonsumsi buah karena buah juga bisa menambah nafsu makan.

Air

Selain makanan sehat untuk ibu hamil, jangan lupa juga untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Air berfungsi melancarkan metabolisme dalam tubuh dan mencegah tubuh agar tidak dehidrasi. Tidak masalah jika Bunda harus buang air kecil berkali-kali karena terlalu banyak minum karena bagi ibu hamil, buang air kecil berkali-kali adalah hal wajar. Selain itu, lebih baik berhenti dulu minum kopi dan minuman bersoda, apalagi alkohol.

Apa yang Bunda makan akan sangat berpengaruh pada perkembangan Si Kecil untuk dua trimester selanjutnya. Terutama ketika janin masih usia trimester pertama, Bunda harus berhati-hati dalam memilih makanan. Jadi jangan heran kalau tetangga atau orang-orang di sekitar Bunda menyarankan dan melarang makan ini-itu. Semua itu demi kebaikan Si Kecil. Jika Bunda mengalami alergi dalam mengonsumsi salah satu makanan di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat ^^

imroatul_mufidah

jd kangen masa hamil..wkwkwk

Friska

biasanya tei semester pertama selera makan susah

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved