Kehamilan

Bagaimana Cara Menyembuhkan Perut Kembung Saat Hamil?

Rasa begah disertai dengan sendawa atau buang angin menjadi gejala dari perut kembung saat hamil yang sering muncul saat trimester ketiga. Rahim yang sudah membesar memberi tekanan ekstra pada organ-organ pencernaan, sehingga perut pun jadi tidak nyaman.

Walaupun tidak berbahaya bagi janin, namun perut kembung saat hamil jelas membuat Bunda semakin tidak nyaman. Oleh sebab itu, berikut beberapa cara menyembuhkan perut kembung saat hamil yang bisa Bunda coba.

Perbanyak konsumsi makanan berserat

Terlalu banyak gas di dalam perut menjadi indikasi perut kembung saat hamil. Nah, ini juga bisa menandakan adanya masalah pencernaan dalam tubuh Bunda, terutama bila Bunda menyadari sudah beberapa hari ini tidak buang air besar. Oleh karena itu, Bunda perlu memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung serat alami.

Bunda bisa mengkonsumsi buah pepaya, bayam, pisang, gandum, dan sayuran hijau lainnya. Supaya lebih enak, Bunda bisa mengkreasikan smoothie sayur atau buah, jadi bisa langsung mencukupi kebutuhan serat dalam sekali minum. Jika Bunda ingin menambah suplemen sayur dan buah, sebelumnya konsultasikan dulu ke dokter kandungan, ya!

Lebih aktif bergerak

Banyak orang yang menyarankan ibu hamil untuk tidak banyak bergerak karena khawatir akan kesehatan kandungan. Padahal, terlalu lama berbaring atau duduk juga tidak baik bagi kesehatan Bunda, malah bisa mengakibatkan perut kembung saat hamil. Baik itu saat Bunda sedang kembung atau dalam kondisi normal, sebaiknya Bunda rutin berolahraga sekiranya 150 menit per minggu, atau setara dengan 20 menit per hari.

Tidak perlu melakukan olahraga berat seperti HIIT, Bunda bisa ikut kelas aerobik, senam ibu hamil, yoga, jogging ringan, atau sekadar berjalan kaki. Hal terpenting adalah Bunda aktif menggerakkan tubuh. Dengan begitu, perut kembung saat hamil pun bisa dengan cepat teratasi.

Cukupi kebutuhan air putih

Mengonsumsi air putih yang cukup selain bisa mencegah dan mengatasi perut kembung saat hamil, juga bermanfaat bagi penyerapan nutrisi untuk janin dalam kandungan. Selama mengandung, Bunda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari. Jika perut kembung saat hamil, Bunda bisa langsung minum air hangat supaya bisa lebih menenangkan rasa sakit perut.

Jangan lupa untuk minum segelas air putih sebelum dan sesudah makan untuk membantu usus mencerna makanan yang disantap. Hindari mengonsumsi minuman bersoda selama hamil karena dapat meningkatkan kandungan gas dalam perut, ya. Satu lagi, Bunda juga bisa menambah asupan cairan tubuh lewat buah-buahan dan jus, cocok untuk ibu hamil yang suka mual saat makan.

Hindari stress

Bunda harus berhati-hati juga untuk menjaga pikiran dan kesehatan mental selama kehamilan. Stress dapat menyebabkan perut kembung saat hamil karena terlalu banyak menelan udara, sehingga ada banyak gas di dalam perut. Terlebih lagi, stress juga jadi pemicu iritasi usus besar yang malah akan memperparah kondisi perut kembung saat hamil.

Jika Bunda mulai merasa tertekan, bicarakan dengan pasangan, orang tua, atau teman-teman. Kumpulkan dukungan positif dari orang-orang tersayang supaya Bunda pun bisa melepas beban pikiran. Ingat, Bunda tidak sendirian selama kehamilan! Atur emosi dengan aktivitas-aktivitas menyenangkan selama kehamilan. Inilah waktu yang tepat bagi Bunda untuk menekuni hobi. Bunda juga bisa melakukan meditasi sekitar 10 menit setiap paginya supaya pikiran pun lebih segar.

Pijat perut dan punggung dengan lembut

Pijat yang dimaksud di sini bukanlah gerakan pijat seperti pada umumnya. Kembali lagi, ibu hamil tidak dianjurkan untuk dipijat di area perut dengan tekanan normal. Namun jika Bunda mengalami perut kembung saat hamil, Bunda pun bisa meminta pasangan untuk melakukan pijatan ringan di area punggung dan perut.

Caranya adalah dengan mengusap punggung secara lembut. Dengan begitu, tubuh pun akan lebih rileks. Lalu, usap lembut perut secara memutar searah jarum jam. Kemudian, lakukan usapan lembut dari perut bagian atas sampai ke tulang rusuk. Lakukan selama beberapa kali hingga perut terasa membaik.

Nah, perut kembung saat hamil juga bisa disebabkan oleh cuaca yang terlalu dingin. Oleh karenanya, Bunda bisa mengoleskan Konicare Minyak Kayu Putih Plus ke area punggung, perut, dan dada untuk menghangatkan tubuh serta meredakan perut kembung. Aromanya yang khas akan membuat pikiran lebih tenang. Terlebih lagi, Konicare Minyak Kayu Putih Plus juga ampuh untuk mengurangi rasa mual, cocok dan aman bagi ibu hamil.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Hafiza_kamila_putri

terimakasih banyak atas informasinya

Elizabethamora

thanks

thalia

ok

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved