Kehamilan

5 Tips Program Hamil Agar Cepat Punya Momongan

Setelah menikah tentu Bunda ingin segera memiliki momongan. Sayangnya, tidak setiap pasangan bisa dengan mudah memperoleh keturunan. Beberapa pasangan bahkan harus menunggu waktu yang cukup lama. Secara medis, kehamilan hanya bisa terjadi ketika sel telur yang matang berhasil dibuahi oleh sperma. Untuk bunda yang ingin cepat punya momongan,lima5 tips program hamil berikut ini bisa dilakukan. Apa saja? Yuk simak baik-baik.

Pahami siklus menstruasi dan masa subur

Tips program hamil yang pertama kali harus Bunda lakukan adalah dengan memahami siklus menstruasi dan masa subur. Siklus menstruasi sendiri merupakan durasi menstruasi yang dihitung sejak hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Umumnya, siklus menstruasi berlangsung setiap 21 – 35 hari. Sementara itu, masa subur dapat terjadi sekitar 12 – 14 hari sebelum hari pertama menstruasi selanjutnya. Untuk bisa mendapatkan kehamilan, sel telur yang matang harus dibuahi dalam waktu 12 – 24 jam.

Berhubungan seksual di waktu yang tepat

Setelah memahami siklus menstruasi dan dapat menghitung masa subur, maka langkah selanjutnya adalah dengan berhubungan seksual di waktu yang tepat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sel telur hanya dapat bertahan hidup dalam 24 jam saja, maka sebaiknya Bunda berhubungan seksual secara rutin menjelang masa subur. Waktu terbaik adalah 2 – 3 hari sebelum ovulasi. Berbeda dari sel telur, sperma justru bisa hidup di dalam rahim wanita hingga 5 hari.

Terapkan gaya hidup sehat

Agar bisa segera memiliki momongan, pasangan suami istri harus sepakat untuk menjalankan gaya hidup yang sehat. Tips program hamil yang satu ini dapat dimulai dengan menghentikan kebiasaan merokok, sebab asapnya mampu menurunkan kualitas sperma. Selain itu, Bunda juga perlu menjaga berat badan ideal. Pasalnya, tingginya lemak di dalam tubuh dapat mengakibatkan hormon estrogen diproduksi secara berlebihan sehingga ovulasi tidak teratur.

Memperbaiki waktu beristirahat

Padatnya jadwal dan pekerjaan sehari-hari terkadang membuat Bunda dan Ayah merasa kelelahan, sehingga setibanya di rumah tidak lagi memiliki hasrat seksual yang baik. Oleh karena itu, jika ingin cepat memiliki keturunan, mulai sekarang perbaiki waktu istirahat. Setiap orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7 – 8 jam dalam sehari. Selain itu, hindari terlalu banyak memikirkan pekerjaan karena stres juga bisa menurunkan kualitas hubungan seksual.

Konsumsi makanan bergizi

Asupan dari dalam tentu berpengaruh besar terhadap tingkat kesuburan pasangan suami dan istri. Untuk itu, alih-alih mengonsumsi makanan instan maupun junk food, coba beralihlah kepada sumber makanan yang lebih bergizi. Umumnya, wanita yang ingin cepat punya momongan disarankan untuk rutin mengonsumsi sayuran hijau, telur, susu sapi segar, serta kacang hijau untuk mendapatkan rahim yang kuat dan siap untuk dibuahi.

 

Bunda, apabila tips program hamil di atas sudah dilakukan selama 1 – 2 tahun namun belum juga membuahkan hasil, sebaiknya segera konsultasi ke dokter kandungan. Melalui pakarnya, Bunda akan dibantu untuk mempersiapkan kondisi tubuh demi mendapatkan kehamilan yang sehat. Tidak perlu berkecil hati atau merasa pesimis karena belum juga memiliki momongan. Jika semakin terbebani dengan masalah ini, maka Bunda bisa menjadi stres dan sulit mendapatkan kehamilan.

Percayalah bahwa Bunda dan Ayah sudah melakukan yang terbaik. Mulailah untuk lebih menikmati hidup, sehingga stres bisa terobati dan kesempatan memiliki momongan terbuka lebar. Semoga berhasil, ya Bunda!

 

Photo Credit: Pexels

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

nataliasianipar

yess bener banget

Nurfitri

nice info

desiana

bgs

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved