Bayi

Manfaat Terapi Baby Swim, Amankan untuk Si Kecil?

Baby swim sudah menjadi salah satu gaya hidup yang dilakukan terutama di perkotaan . Tapi apakah benar baby swim aman? Kalau aman, apa perlu bayi diberikan fasilitas ini? Manfaat utamanya untuk si kecil apa? Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat dan keamanan dari baby swim.

Latih Keseimbangan dan Koordinasi

Si kecil yang kerap bergerak dan lincah umumnya memiliki keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik. Mereka akan lebih mudah melakukan berbagai macam olahraga dan tak mudah bingung bila mereka melakukan banyak kegiatan sekaligus (multi-tasking). Hal ini bisa didapatkan juga dari baby swim. Ketika si kecil berenang dengan pelampung penyangga di kepalanya, si kecil umumnya akan otomatis bergerak-gerak dengan cara menendangkan dua kakinya ke dalam air. Hal ini dikatakan mampu menstimulasi si kecil untuk berlatih keseimbangan.

Dengan adanya stimulasi ini pun, si kecil dipercaya untuk dapat makin cepat berkembang, terutama dalam motoriknya. Seperti saat ia merangkak atau berjalan nanti. Hal ini pun juga dikatakan akan membuat si kecil lebih mudah belajar berenang ketika ia sudah cukup dewasa nanti.

 

Mudah Terlelap Setelahnya

Bila si kecil memiliki gangguan susah tidur dan kerap merengek tak ada henti ketika mau terlelap, baby swim bisa membantu mereka juga. Ketika melakukan baby swim, umumnya mereka akan bergerak dalam porsi yang cukup banyak. Membuat mereka lelah dengan sendirinya dan bisa tidur dengan lebih pulas dan cepat.

Mendekatkan Hubungan dengan Orang Tua

Salah satu manfaat utama lainnya dari baby swim adalah mendekatkan hubungan si kecil dengan Bunda. Sentuhan-sentuhan atau candaan yang Bunda bawakan pada si kecil ketika ia sedang berada di dalam air bisa membuatnya lebih percaya pada Bunda. Percaya di sini bukan berarti terlalu manja pada Bunda, lho! Selama Bunda tidak berlebihan dalam membantunya ketika ia berada di dalam air, tidak masalah. Karena itu, sebaiknya bila si kecil sedang melakukan baby swim, bunda tidak meninggalkannya belanja karena ini adalah kesempatan bunda untuk lebih dekat dengannya.

Agar Aman, Lakukan Ketika Bayi Sudah Mencapai Usia Ini

Ketika bayi sudah mencapai usia dua hingga lima bulan dan beratnya di atas 5 kg, Bunda sudah bisa membawanya ke tempat baby swim. Bila dua kriteria tersebut tidak bisa dipenuhi, sebaiknya tak membawanya karena tidak aman untuknya. Bunda juga tak sebaiknya membawa si kecil untuk baby swim saat jam tidur, karena selain membuatnya bisa tertidur saat bermain di sana, hal ini bisa mengganggu jam tidurnya.

Jangan lupakan juga kondisi si kecil ketika akan diajak baby swim. Si kecil harus dalam kondisi sehat agar tidak kelelahan dan justru sakit setelah melakukan kegiatan tersebut. Maunya dapat manfaat tetapi malah dapat sakit, Bunda pasti tak mau kan?

 

Photo credit: Pixabay.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

entin

pengen coba ini ke baby Q

DinahFitria_85

Makasih infonya.. Mau dicoba ah untuk baby Ziyan saat usia nya memasuki 3 bulan

entinkartini0103

bnyk manfaatnya ya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved