Bayi

Dampak Buah Hati Tidur Dengan Orang Tua vs Tidur Sendiri

Siapa Bunda atau Ayah disini yang tidur satu ranjang dengan Buah Hati? Tidur dalam satu ranjang adalah hal umum yang diterapkan oleh banyak keluarga, apalagi bagi Bunda yang memiliki Buah Hati baru lahir. Selain membantu Bunda untuk menyusui di malam hari, tidur dalam satu ranjang dirasa akan lebih mudah untuk mengasuh dan juga menjaga si Bayi.

Namun tahukah Bunda, dibalik banyaknya manfaat positif Bayi tidur satu ranjang dengan orang tua, ternyata ada dampak lain Buah Hati tidur dengan orang tua vs Buah Hati tidur sendiri. Simak informasinya dibawah ini :

Dampak Buah Hati Tidur Bersama Orang Tua

Si Bayi yang tidur Bersama dengan orang tua memang mempererat bonding dan ikatan batin keduanya, namun perlu diketahui, Bayi yang tidur dengan orang tua tidak selamanya akan aman. Sebagai orang tua, kita harus ekstra memperhatikan beberapa hal agar anak merasa aman dan nyaman saat berbagi tempat tidur, salah satunya adalah posisi tidur. Untuk si Bayi dengan usia dibawah 6 bulan, Bunda bisa mengatur tidurnya dalam posisi telentang, bukan tengkurap, hal ini untuk menghindarkan resiko ia sulit bernapas saat tidur. Dampak lainnya bagi Bunda sendiri adalah berkurangnya jam tidur, karena dengan tidur bersama si Bayi Bunda mungkin akan terbangun berkali-kali di tengah malam karena proses menyusui.

Berbagi Kamar dengan Buah Hati, Bukan Berbagi Ranjang

Melatih Bayi tidur tidak seranjang dengan orang tua sejak dini memang terasa berat ya, Bun, tapi tahukah Bunda, Bayi yang tidur sendiri ternyata membawa dampak jam tidurnya lebih lama lho. Agar si Bayi tetap dalam jangkauan, cobalah Bunda menerapkan tidur dengan konsep room sharing. Room sharing adalah konsep dimana orang tua dan Bayi tidur dalam ruangan yang sama, namun di tempat tidur yang berbeda. Untuk melakukannya, Bunda cukup menyiapkan sebuah box bayi yang diletakkan , di dalam kamar  disamping ranjang. Latihlah Buah Hati tidur terpisah secara perlahan hingga ia menjadi terbiasa, berikan juga mainan atau boneka yang disukainya sebagai teman tidur. Agar tidurnya semakin nyaman, Bunda bisa mengoleskannya Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass sebelum si Bayi Tidur agar tubuhnya tetap hangat seperti dekapan Bunda. Harum alami dari Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass juga menjaganya dari gigitan nyamuk sehingga Bunda gak perlu cemas dan terbangun karena si Bayi diganggu oleh nyamuk bandel.

Setiap keputusan yang diambil memang harus mempertimbangkan banyak hal, tak hanya kenyamanan orang tua namun juga kesehatan dan keamanan si Kecil. Sebagai orang tua, Bunda dan Ayah pasti paling tahu tentang kondisi yang terjadi. Tapi jangan sampai terjadi penyesalan di akhir karena dampak yang timbul saat tidur satu ranjang dengan si Bayi.

Itulah penjelasan tentang Buah Hati yang tidur dengan orang tua vs ia tidur sendiri. Kalau Bunda dan Ayah di rumah lebih memilih tidur dengan Si Kecil atau tidak sih?

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Triana

Bener banget si, tp blm coba yg beda ranjang

Annisasiwi

Terimakasih Konicare, sangat bermanfaat sekali ilmunya

Citra

informasi yang bermanfaat

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved