Bayi

Baru Punya Anak Pertama, Berikut 4 Hal Seputar Perawatan Bayi yang Perlu Bunda Ketahui

Bunda yang baru saja menjadi orang tua baru pastinya tengah berbahagia dengan hadirnya sang buah hati. Hari-hari yang Bunda jalani akan semakin seru dan menyenangkan. Namun, mungkin saja bukan hanya bahagia yang Bunda rasakan, tapi juga kekhawatiran. Wajar saja, Bunda kini mulai memiliki peran baru sebagai orang tua dan harus merawat buah hati untuk pertama kali. Nah, untuk membantu melakukan perawatan bayi pertama Bunda, berikut 4 hal seputar perawatan bayi yang wajib Bunda ketahui!

Jaga bayi tetap bersih dan aman

Hal pertama yang harus Bunda perhatikan ketika merawat bayi Bunda yang baru lahir adalah menjaga kebersihan dan keamanannya. Tentu Bunda tidak ingin mengakibatkan hal buruk bagi buah hati Bunda yang masih rentan dan butuh penjagaan. Cucilah tangan Bunda terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan bayi, ketika ingin memegang ataupun menggendongnya. Hal ini akan menghindarkan buah hati Bunda dari serangan kuman.

Perhatikan juga cara Bunda menggendongnya terutama pegangan Bunda pada bagian kepada dan leher bayi. Jangan mengguncang bayi ketika Bunda ingin membangunkannya karena bisa mengakibatkan pendarahan di otak, serta jangan bermain dengan bayi secara berlebihan seperti menggoyang bayi di lutut karena itu berbahaya.

Berikan ASI setiap 1-2 jam sekali

Bunda sebaiknya menyusui bayi Bunda setiap 1-2 jam sekali. Hal ini perlu Bunda lakukan karena bayi memiliki ukuran lambang yang kecil, sehingga Bunda perlu sering menyusuinya namun dengan jumlah yang sedikit. Biasanya bayi akan menyusu dalam 1-2 jam sekali pada hari-hari pertama setelah lahir. Tugas Bunda adalah peka terhadap sign yang diberikan bayi ketika ia mulai merasa lapar, seperti menangis, mengisap tangan, hingga mengecap-ngecap seakan mencari puting. Jika buah hati Bunda memiliki waktu tidur yang lama, Bunda tetap harus membangunkannya dan memberikannya ASI, pastikan bayi Bunda tidak tertidur ketika sedang disusui agar ia tidak tersedak.

Mandikan bayi

Saat bayi baru lahir, idealnya Bunda cukup memandikan bayi 2 - 3 kali dalam seminggu, lalu Bunda dapat menambahkan frekuensinya seiring dengan bertambahnya usia bayi, atau Bunda bisa mandikan setiap hari jika si Kecil memang menikmati saat – saat mandi tersebut.

Gunakanlah shampoo dan sabun yang didesain khusus untuk perawatan kulit buah hati Bunda untuk menjaga keamanannya. Sediakan juga berbagai barang pendukung lain seperti kain waslap, handuk lembut, serta bak mandi bayi. Bunda juga bisa bertanya kepada dokter mengenai produk apa yang sebaiknya digunakan untuk memandikan bayi agar ia terhindar dari alergi dan masalah kulit lainnya.

Ganti popok

Bagi Bunda yang baru punya anak pertama, mungkin aktivitas mengganti popok bayi terasa sedikit menyulitkan, namun nantinya Bunda akan terbiasa. Bunda perlu mengganti popok bayi setidaknya sebanyak 10 kali sehari atau lebih tergantung pada banyaknya asupan yang diterima bayi. Pada umumnya, bayi yang terpaksa mengkonsumsi susu formula sejak lahir lebih sering kencing dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI.

Sedangkan soal buang air besar, biasanya bayi akan melakukannya dalam satu atau dua hari setelah kelahiran. Gantilah popok bayi Bunda secara berkala agar ia tetap bersih dan nyaman ya. Untuk menjaga kulit bayi tetap lembut dan sehat serta terhindar dari ruam popok, Bunda bisa menggunakan Konicare Baby Diaper Rash Cream yang dibuat dengan ekstrak aloe vera sehingga aman untuk Si Kecil.

Itulah 4 hal mengenai perawatan bayi pertama Bunda yang harus diketahui. Pastikan bahwa Bunda melakukan rangkaian perawatan tersebut dengan baik ya, sehingga buah hati Bunda pun tumbuh besar dengan aman dan nyaman.

Photo credit: pixabay.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Irvia0404

terimakasih bunda

Hafiza_kamila_putri

terimakasih banyak atas informasinya

ifadatun

tq

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved