Bayi

5 Manfaat Pijat Bayi Setiap Hari Selama 6 Bulan Pertama

Pijat bayi sudah lama dilakukan turun-temurun sejak dulu. Bahkan, pijat bayi seringkali dilakukan oleh tukang urut yang khusus memijat bayi. Ketika bayi rewel karena kondisi tubuh yang sedang tidak nyaman, para orang tua akan membawanya ke pijat bayi.

Saat ini, pijat bayi atau baby spa memang sudah jadi tren di kalangan orang tua karena manfaat pijat bayi yang sudah terbukti membuat si kecil merasa nyaman dan menjaga kondisi tubuh bayi tetap sehat.

Teknik pijat bayi juga berbeda dengan memijat orang dewasa. Ini karena kulit dan otot bayi yang lembut sehingga sensitif terhadap sentuhan kasar. Cara memijat bayi harus dilakukan dengan hati-hati dan lembut. Nah, berikut ini 6 manfaat pijat bayi yang perlu Anda ketahui.

Stimulasi fisik dan emosi bayi

Berbeda dengan memijat orang dewasa, urut bayi adalah teknik sentuhan manipulasi jaringan lunak agar menstimulasi perasaan nyaman pada bayi. Inilah mengapa pijatan bayi harus dihentikan ketika bayi menangis.

Manfaat pijat bayi secara tidak langsung akan mendekatkan bayi dengan Bunda. Dengan sentuhan yang menenangkan, tentunya bisa membuat bayi merasa tenang dan diperhatikan. Selama pijatan bayi berlangsung, Bunda dan bayi juga bisa saling berinteraksi.

Sentuhan pada bayi bisa merangsang sistem saraf yang akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memproduksi lebih banyak hormon serotonin dan endorfin, kedua hormon ini berfungsi untuk menciptakan perasaan nyaman dan rileks secara psikis.

Memperlancar fungsi pencernaan

Dengan pijatan di bagian-bagian tertentu, akan membuat bayi merasa lebih nyaman dan bergerak lebih lancar. Selain aliran darah lebih lancar, gerakan yang lebih leluasa membantu kelancaran sistem pencernaan.

Pijat bayi bisa membantu mengobati rasa sembelit, perut kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Ada beberapa teknik pijatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pencernaan bayi, seperti memijat bagian perut dengan lembut untuk memudahkan bayi mengeluarkan gas.

Sistem pencernaan yang bekerja dengan baik akan meningkatkan berat badan bayi. Menurut beberapa penelitian, kenaikan berat badan bisa mencapai lebih dari 20% per hari setelah dilakukan pemijatan 3 kali dalam sehari selama 15 menit pada bayi di usia 1-3 bulan.

Mengurangi tanda bayi kuning

Penyakit kuning seringkali menyerang bayi yang baru lahir karena meningkatnya kadar bilirubin. Kulit bayi akan tampak menguning dan warna air seni biasanya tampak lebih pekat. Kondisi ini memang umumnya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Meski begitu, kulit kuning bayi bisa saja berbahaya bagi bayi, sehingga harus tetap segera ditangani, salah satunya dengan melalui pijatan. Menurut beberapa penelitian, pijatan pada kulit bayi selama sekitar 15 menit bisa membantu proses pemulihan bayi lebih cepat dari kulit kuning. Ini karena manfaat pijat bayi efektif mengontrol penurunan kadar bilirubin di tubuh bayi.

Meredakan rasa tidak nyaman pada bayi

Manfaat pijat bayi bisa memberikan stimulasi pada sistem saraf di otak bayi. Sistem saraf pusat ini akan merespon pijatan dengan memproduksi serotonin yang membuat bayi lebih tenang dan tidak rewel. Kondisi psikis yang nyaman akan membuat organ bayi bekerja optimal. Berikan pijatan rutin untuk mendukung tumbuh kembang bayi selama masa pertumbuhannya, terutama terkait dengan pembentukan otak.

Sistem pernapasan yang lancar juga akan berpengaruh pada suplai oksigen yang masuk ke tubuh dan disalurkan ke otak lewat darah. Manfaatnya, imunitas yang terbentuk di dalam tubuh bayi akan terbentuk dengan baik.

Mudah tidur nyenyak

Saat bayi merasa rileks, tentunya akan berpengaruh pada tidur yang lebih nyenyak. Artinya, dengan kebutuhan tidur yang terpenuhi, bayi akan lebih sehat dan bugar. Dengan begitu, orang tua dan bayi pun bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Untuk kenyamanan bayi, sebaiknya gunakan baby oil yang cocok untuk kulit bayi.

Bunda bisa menggunakan Konicare Natural Baby Massage Oil yang berasal dari bahan alami, sehingga tak memiliki efek samping pada kulit. Konicare Natural Baby Massage Oil juga diperkaya bahan alami seperti virgin coconut oil yang bersifat sebagai antioksidan, yang membantu melembabkan dan melembutkan kuit bayi sekaligus memberikan hasil pemijatan terbaik.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Widya

terima kasih infonya

dewiratih

bermanfaat sekali artikelnya

wahyu85

ok

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved