Balita

Motorik Kasar vs Motorik Halus

Sangat wajar kalau setiap orang tua menginginkan keterampilan motorik anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk mendapatkan ini, anda bisa memberikan stimulasi atau rangsangan, dengan cara yang tepat dan sesuai dengan tahap perkembangan si kecil.

Selain itu, sebaiknya anda juga memahami tahap-tahap perkembangan motorik si kecil dengan membaca berbagai tanda-tanda yang diberikan oleh si kecil. Hal ini sangat penting supaya gejala gangguan kemampuan motorik si kecil bisa segera terdeteksi, dan bisa dikoreksi dengan cepat.

Motorik di bagi menjadi dua bagian, motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar meurpakan gerakan tubuh yang secara langsung menggunakan otot-otot besar si kecil. Pergerakan motorik kasar si kecil bisa anda deteksi dari berbagai kemampuan secara fisik. Misalnya kemampuan duduk, berjalan, atau makan.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan motorik kasar si kecil, yakni perkembangan sistem saraf, perkembangan kemampuan fisik, serta lingkungan yang mendukung perkembangannya. Misalnya, si kecil akan bisa berjalan kalau sistem sarafnya sudah cukup matang, serta kaki si kecil sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya.

Motorik halus merupakan kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik, tapi ini akan melibatkan otot kecil dan koordinasi mata sampai tangan. Untuk mengembangkan saraf motorik halus, anda bisa melatihnya dengan kegiatan dan rangsangan secara rutin, contohnya bermain puzzle, memasukan lubang sesuai angka atau bentuk, menyusun balok dan lainnya.

Secara umum, kemampuan motorik halus setiap anak akan berbeda, baik itu dalam hal kekuatan, ataupun dalam ketepatannya. Beberapa perbedaan ini sangat dipengaruhi oleh pembawaan anak, serta pengaruh dari stimulai yang didapatnya.

Untuk memaksimalkan perkembangan motorik halus si kecil, anda bisa memberikan stimulasi yang tepat kepadanya. Dengan catatan, jangan sampai anda memaksa si kecil untuk mengembangkan motoroknya, tugas anda disini hanyalah mengarahkan serta memaksimalkan saja.

Untuk memaksimalkan perkembangan motorik si kecil (motorik kasar dan halus), anda bisa memberikan  pijatan lembut kepadanya, mulai dari pijatan tangan, sampai kaki. Untuk hasil maksimal, anda bisa menggunakan Konicare natural baby massage oil, baby oil dari Konicare ini terbuat dari bahan-bahan pilihan yang akan membuat si kecil merasa nyaman, serta memberikan efek relaksasi kepada si kecil.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Junny_gultom

nice info

Ghisa_Yumna

siiiipppppppppppp

lily09

okey

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved