Balita

Menyekolahkan Si Kecil Yang ’Spesial’

Apapaun bentuknya dan bagaimanapun kondisinya, anak merupakan anugrah Tuhan yang harus kita jaga dan rawat dengan penuh hati. Sama seperti anak lainnya, anak dengan kebutuhan khusus juga membutuhkan pendidikan, dan mereka berhak untuk mendapatkan itu semua.

Tapi meskipun begitu, mengajar anak dengan kebutuhan khusus bukanlah perkara yang mudah. Dan dituntut untuk memiliki pengetahuan serta keterampilan khusus. Tapi satu hal yang patut diperhatikan ketika anda akan mencari sekolah untuk anak berkebutuhan khusus adalah, sekolah tersebut harus memiliki guru yang mampu untuk membantu tumbuh kembang dan memaksimalkan potensi yang dimiliki si kecil.

Salah satu anak berkebutuhan khusus yang memang butuh penanganan yang ekstra adalah, anak autis. Supaya anda mampu memaksimalkan kemampuan si kecil, berikut merupakan cara mencari sekolah untuk anak berkebutuhan khusus, terutama untuk anak autis.

  1. Mintalah rekomendasi dari beberapa orangtua yang juga memilik anak dengan gangguan yang sama. Informasi ini bisa anda dapatkan lewat komunitas atau forum-forum bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.
  2. Kalau anda sudah memiliki daftar sekolah yang dianggap layak, coba kunjungi sekolah tersebut bersama anak anda.
  3. Perhatikan metode pengajaran yang dilakukan oleh sekolah tersebut, potensi adanya bullying dan berbagai kondisi lainnya yang sekiranya akan menghambat perkembangan anak anda.
  4. Carilah sekolah yang memiliki try out khusus untuk anak sebelum masuk.
  5. Carilah sekolah yang memiliki guru pembantu atau shadow teacher, guru pembantu ini sendiri bertugas khusus utnuk mendampingi anak berkebutuhan khusus untuk membantu proses belajarnya.
  6. Selalu dampingi si kecil dalam pendidikannya. Walaupun memang pendidikan formal sangat penting, tapi yang terpenting dari semua ini adalah kemauan anda untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus ini.
  7. Selalu bekali diri anda dengan berbagai pengetahuan cara mendidik anak berkebutuhan khusus guna membantu tenaga pengajar di sekolah untuk memastikan potensinya.

Perlu anda ketahui, menyekolahkan anak di tempat yang tepat bukan hanya akan menyemangati mereka saja, tapi tindakan ini akan mengembangkan pola pikir, sekaligus potensi yang mereka miliki, sehingga kedepannya, mereka akan mampu untuk memberikan kontribusi yang positif pada lingkungannya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

lily09

thx

Junny_gultom

nice info

Ghisa_Yumna

siiippppp

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved