Balita

Bagaimana Menjaga Balita Saat Bertemu Banyak Orang?

Di tengah kesibukan beraktivitas dan mengurusi Si Kecil, pasti ada waktu di mana Bunda menginginkan berkumpul bersama keluarga besar atau sekadar mengajak Si Kecil untuk bepergian ke luar rumah. Nah di momen ini, Bunda bisa memperkenalkan Si Kecil dengan saudara, teman-teman, atau jika beruntung Si Kecil bisa mempunyai teman yang seumuran agar bisa bermain bersama-sama.

Tetapi yang perlu diingat, tidak semua balita bisa bertemu dengan banyak orang sekaligus. Ada Si Kecil yang sangat rewel ketika berada di tempat baru atau bertemu dengan orang-orang baru. Jadi di momen saat berada di tempat luar dan bertemu banyak orang ini, Bunda harus benar-benar menjaga Si Kecil agar bisa tetap tenang dan tidak gampang menangis, lalu apa saja hal yang bisa Bunda persiapkan?

 

Ajak Si Kecil keluar setelah jam tidur

Jika Bunda sudah mengetahui jauh-jauh hari rencana mengajak Si Kecil pergi, pastikan waktunya adalah setelah jam tidur Si Kecil. Biasanya balita akan bangun di pagi hari, kemudian tidak lama akan tidur lagi di siang hari sekitar jam 10 setelah makan. Jadi lebih baik Bunda berangkat pagi hari setelah Si Kecil bangun dan mandi. Sesampai di tempat tujuan, Bunda bisa memberinya makan sambil berinteraksi dengan teman atau keluarga yang lain.

Jika memang ternyata Bunda pergi bersamaan dengan jam tidur Si Kecil, jangan paksakan Si Kecil untuk bangun ya. Untuk menjaga Si Kecil jika ingin tidur di tempat tujuan, Bunda bisa membawa selendang atau stroller agar Si Kecil nyaman tidur.

 

Bawa mainan Si Kecil

Cara kedua adalah selalu bawa mainan kesukaan Si Kecil, ini dilakukan agar Si Kecil tidak rewel ketika berada di rumah saudara atau tempat ramai. Beberapa mainan yang bisa dibawa antara lain boneka, robot-robotan, dan mainan lainnya.

Ketika berada di tempat dan bertemu dengan orang baru, jauhkan Si Kecil dengan benda-benda yang membahayakan dirinya ya Bunda. Ini dikarenakan anak kecil akan sangat mudah mengambil benda milik orang lain.

Selalu perhatikan dan awasi Si Kecil

Berada di tempat yang baru terkadang membuat Si Kecil tidak nyaman, dirinya akan kaget dengan suasana atau dengan aroma yang baru. Untuk menjaga Si Kecil selalu nyaman, Bunda bisa menggendong Si Kecil ketika dirinya rewel atau menangis. Tetapi ketika Si Kecil menginginkan untuk berjalan sendiri atau bermain bersama teman-temannya, Bunda bisa memberikan izin dengan tetap mengawasinya ya.  Lalu jika memang Si Kecil mudah akrab ketika bertemu dengan orang baru, Bunda bisa membiarkan teman atau keluarga tersebut untuk menggendong Si Kecil.

Bawa semua perlengkapan bayi

Cara terakhir yang wajib dilakukan adalah bawa semua perlengkapan bayi, mulai dari susu, makanan, sampai obat-obatan. Walaupun Si Kecil sudah makan, tetap bawalah susu untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba Si Kecil menangis. Selain itu saat berada di keramaian, Si Kecil rentan kegerahan dan mengeluarkan keringat, segera taburkan Konicare Bedak Biang Keringat untuk mencegah gatal-gatal karena biang keringat. Itulah cara menjaga balita tetap nyaman saat bertemu dengan banyak orang.

Itulah cara yang bisa Bunda lakukan ketika ingin mengajak Si Kecil ke tempat keramaian dan bertemu dengan banyak orang. Walaupun sebelumnya Bunda sudah sering mengajak Si Kecil, Bunda tetap harus mengawasi Si Kecil ya, karena berada di tempat keramaian dan asing Bunda harus tetap menjaga kewaspadaan.

Photo credit: pxhere.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

geby_ariesa

sangat bermanfaat.. terima kasih..

utep_iskandar

makasih artikelnya bagus

ifadatun

kebetulan si ade seneng kalau diajak ditenpat rame dan engga pernah takut sama orang baru hehehe

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved