Anak

Langkah Mudah Mengatasi Kulit Gatal pada Anak

Kondisi kulit anak yang lebih sensitif menyebabkan anak-anak biasanya memang lebih rentan terserang gangguan rasa gatal jika dibandingkan oleh orang dewasa. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari bakteri, jamur, biang keringat, gigitan serangga, alergi, popok yang terlalu lama diganti, sampai juga kurangnya kelembaban kulit anak. Bunda tidak perlu panik jika Buah Hati sedang merasa gatal pada kulit. Sebagai bentuk pertolongan pertama, Bunda bisa memberikan produk yang bisa mengurangi rasa gatalnya, agar si kecil merasa nyaman dan tidak menggaruk kulitnya serta memperparah kondisi kulitnya yang gatal. Jika anak sudah merasa lebih baik, Bunda bisa melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi gatal pada kulit si kecil :

 

Langkah Pertama

Bunda bisa memandikan si kecil menggunakan air dingin atau hangat, serta menggunakan sabun lembut bila diperlukan untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada pada kulitnya.

 

Langkah Kedua

Setelah dimandikan, Bunda bisa mengeringkan tubuh Buah Hati menggunakan handuk yang lembut. Hindari handuk dengan tekstur yang kasar agar tidak terjadi iritasi yang berlebih pada kulit anak.

 

Langkah Ketiga

Untuk mengurangi rasa gatal, Bunda bisa mengoleskan Konicare Gel Pengurang Gatal. Gel ini mengandung ekstrak Sari Bunga Hammamelis yang mampu meredakan peradangan, iritasi, serta memberikan sensasi sejuk pada kulit. Bunda bisa mengoleskan secara merata pada kulit anak yang merasa gatal.

 

Langkah Keempat

Dari pakaian yang dikenakan, biarkan anak menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun. Hindari menggunakan bahan pakaian yang bisa meningkatkan kemungkinan rasa gatal pada kulit.

 

Langkah Kelima

Bunda bisa menyesuaikan suhu ruangan agar tetap sejuk. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat anak merasa kurang nyaman. Selain itu selalu awasi anak agar tidak secara terus menerus menggaruk pada bagian tubuh yang gatal. Garukan secara terus menerus bisa memperparah iritasi.

 

Langkah-langkah di atas bisa menjadi panduan Bunda untuk menangani anak yang sedang terserang rasa gatal. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah untuk memastikan anak selalu merasa nyaman di setiap aktivitasnya. Selain itu, Bunda juga harus mengetahui penyebab-penyebab apa saja yang membuat si kecil mudah merasa gatal.

 

 

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved