Anak

Berikan Suplemen Sehat Untuk Anak

Suplemen umumnya dikonsumsi berupa produk tambahan untuk melengkapi Angka kecukupan Gizi (AKG) yang mengandung vitamin dan mineral serta zat besi, probiotik dan kalsium. Suplemen hakikatnya hanyalah sebagai pelengkap jika memang terbukti bahwa anak kekurangan vitamin, mineral serta zat lainnya didalam tubuh, namun suplemen terbaik untuk anak tetaplah yang alami, hasil konsumsi makanan bergizi yang sudah dipastikan mengandung lebih dari satu jenis vitamin, mineral dan zat lainnya.

1.   Probiotik

Probiotik dapat ditemukan dalam susu, keju dan susu fermentasi (yoghurt). Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup memiliki manfaat yang baik. Probiotik atau bakteri baik yang terdapat dalam dan bekerja untuk sistem saluran cerna sangat bermanfaat untuk kesehatan anak. Probiotik alami hanya terdapat di ASI. Ketika membeli produk olahan yang mengandung probiotik, jangan lupa untuk mengecek kode produksi dan tanggal kadaluarsa.

2.   Vitamin dan Mineral

Berbagai sumber vitamin dan mineral alami terdapat pada sayuran hijau dan buah, contohnya buah apel yang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang berguna untuk pertubuhan. Vitamin D dan mineral untuk anak dapat diperoleh dari ikan yang berminyak seperti salmon, dan tuna serta produk olahan susu yang berfungsi untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

3.   Kalsium

Kalsium sangat berguna untuk kekuatan tulang dan tumbuh kembang anak. Selain dari susu, kalsium juga dapat diperoleh dari keju, yoghurt, kacang-kacangan, ikan salmon dan juga buah jeruk dan pisang. Penuhi kebutuhan kalsium anak dengan berbagai jenis makanan sehat.

4.   Serat

Kebutuhan serat bagi anak sangat baik untuk pencernaan dan pencegahan obesitas serta untuk  tumbuh kembangnya. Kekurangan serat akan mengakibatkan anak susah buang air besar yang dapat berakibat tidak baik untuk aktifitas harian anak. Sumber serat terdapat pada sayuran diantaranya jagung, bayam, kacang kedelai , brokoli dan labu serta terdapat dalam buah apel, alpukat, pir, jambu biji dan pepaya. Berilah sayuran dan buah sehat dan segar setiap hari untuk memenuhi kebutuhan serat harian anak.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RRA29

thanks konicare

verawati22sianipar

siapp bunda

ifadatun

tq infonya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved