Anak

Agar Si Kecil Tidak Gemar Berbohong

Anda pasti akan sangat kecewa ketika mengetahui si kecil ternyata suka berbohong. Sudah pasti anda tidak pernah mengajari si kecil untuk berbohong kan? Kalau ternyata kenyataannya seperti ini, apakah yang harus anda lakukan? Apakah kebiasaan bohong si kecil ini akan hilang seiring dengan bertambahnya usia atau justru akan dibawa sampai dia dewasa?

Mempunyai anak suka berbohong pasti akan membuat anda menjadi resah, sebagai orang tua, ini merupakan sikap yang wajar. Apalagi kalau kebiasaan buruk tersebut ternyata tidak hilang sampai dia menjelang dewasa. Tentu saja ini akan menjadi suatu kekhawatiran tersendiri untuk anda sebagai orangtua.

Banyak faktor yang menyebabkan si kecil berbohong, dari mulai faktor lingkungan, rasa takut, tekanan dan lainnya. Nah, supaya anak anda tidak menjelma menjadi seorang pembohong, berikut merupakan cara cerdas untuk mengatasinya.

Pelajaran moral

Yang pertama harus anda lakukan adalah mencoba untuk untuk menasehati si kecil kalau berbohong itu tidak baik. Berikan pengertian kalau bohong itu merupakan sebuah tindakan dosa. Biasanya, nasehat orangtua akan lebih mudah untuk diterima daripada nasehat dari guru. Untuk itu, selalu bekali anak anda dengan pelajaran agama dan pelajaran moral yang cukup.

Contoh yang baik

Anak merupakan peniru ulung, dia akan melihat bagaimana tingkah orang yang ada disekitarnya, terutama orangtuanya. Seorang anak akan dengan mudah untuk menangkap sesuatu yang dilakukan anda, maka dari itu anda harus memberikan contoh yang baik untuk si kecil supaya dia selalu berkata jujur. Selain itu, koreksi diri terlebih dahulu, jangan-jangan kebiasaan bohong si anak justru berasal dari anda.

Awasi pergaulannya

Lingkungan pergaulan menyumbang banyak untuk sikap si kecil, lingkungan yang sehat akan membuat si anak menjadi sehat, dan begitupun sebaliknya. Untuk itu, pilihlah lingkungan pergaulan yang baik, atau minimalnya anda harus bisa mengawasi siapa temannya dan dimana dia bermain. Jangan biarkan teman sepermainanya akan membuat pengaruh buruk pada perkembangan si kecil.

Beri hukuman

Kalau memang diperlukan, cobalah untuk memberikan sedikit hukuman kepada si kecil. Anda bisa memberikan hukuman tanpa kekerasan, misalnya melarangnya untuk bermain, bermain game, nonton TV atau melakukan kegiatan lainnya yang menyenangkan. Hukuman seperti ini sebenarnya sudah dianggap cukup untuk memberikan si kecil peringatan supaya tidak berbohong.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

paling pwnting contoh dari ortunya

Irvia0404

baby see baby do

RestuNusra

akanku terapkan

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved