Anak

Agar Anak Tidak Makan Terlalu Banyak

Selama ini, banyak orangtua yang menilai kalau anak gemuk itu sehat dan lucu. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orangtua mendorong anaknya banyak makan. Padahal, kebiasaan ini justru akan mendorong anak obesitas dan mengundang lebih banyak masalah kesehatan lainnya. Untuk itu, pembatasan dan pola makan anak harus dijaga, tujuannya supaya berat badan anak tetap stabil.

Dilansir dalam laman boldsky, berikut merupakan beberapa cara untuk menjaga pola makan anak supaya tidak berlebihan.

Piring kecil

Balita memang sangat suka jika piring mereka penuh dengan makanan, untuk menyiasati ini, cobalah untuk memberikannya makanan dalam piring kecil. Dengan begitu, si kecil tidak akan makan dalam porsi yang banyak, kalaupun si kecil minta tambah, maka porsi tambahan ini tidak akan terlalu besar.

Konsumsi makanan sehat

Pada dasarnya, anak-anak di bawah usia lima tahun masih belum membutuhkan makanan yang banyak, tapi yang mereka butuhkan adalah kualitas dari menu makanannya. Untuk itu, perhatikan kualitas makan si kecil, dan jangan berikan mereka makanan yang mengandung gula buatan, jajanan tidak sehat dan lainnya.

Hindari suplemen

Belakangan ini banyak anak yang dipaksa untuk mengonsumsi suplemen, misalnya suplemen minyak ikan, vitamin tambahan dan lainnya. Tujuannya memang baik, tapi kalau tidak tepat penggunaannya, maka ini justru akan memicu si kecil obesitas. Lebih baik sebelum anda memberikan suplemen tambahan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter apakah si kecil memang membutuhkannya atau tidak.

Matikan televisi

Berbagai penelitian yang dilakukan di Inggris dan Amerika Serikat menyebutkan kalau, televisi sangat berkaitan erat dengan meningkatnya risiko obesitas. Maka dari itu, mulai sekarang anda harus batasi waktu si kecil menonton televisi. Lebih baik ajak si kecil aktif bergerak mengeksplorasi lingkungannya.

Sensitif

Jadilah orangtua yang lebih sensitif terhadap citra tubuh dan kesehatannya. Sebaiknya jangan bicarakan masalah obesitas, banyak makan, dan hal lainnya tentang obesitas di depan si kecil. Walaupun memang si kecil belum mengerti sepenuhnya, tapi ini akan membuat si kecil menjadi minder dengan tubuhnya dan akhirnya tidak mau makan.

Sebagai orang tua, Anda bisa memberikan pengertian tentang pola makan yang baik dan makanan sehat kepada anak-anak sejak dini, beri tahu manfaat dari setiap makanan terhadap tubuh. Anda bisa melakukannya melalui berdongeng atau permainan.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

lah ini baby ara malah dikit makane

Irvia0404

bismillah

RestuNusra

nice info

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved