Anak

5 Barang yang Wajib Dibawa Saat Mengajak Si Kecil Menginap di Rumah Kerabat

Liburan akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Biasanya Bunda dan keluarga besar akan menginap di rumah salah satu anggota keluarga selama beberapa hari. Mau tidak mau Si Kecil pasti akan ikut juga, kan? Nah, di sinilah Bunda perlu melakukan persiapan ekstra agar Si Kecil merasa betah menginap di rumah kerabat. Selain memberikan pengertian kepada Si Kecil, pastikan Bunda juga membawa beberapa barang berikut ini, ya!

Perlengkapan sanitasi

Perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, dan pasta gigi memang biasanya disediakan oleh pemilik rumah. Namun, anak kecil biasanya menggunakan produk yang berbeda, apalagi jika usianya masih terhitung bayi. Oleh sebab itu, perlengkapan sanitasi menjadi salah satu perlengkapan yang wajib Bunda bawa saat menginap di rumah kerabat atau anggota keluarga.

Tergantung dari kebutuhan masing-masing anak, umumnya perlengkapan sanitas ini mencakup popok, peralatan mandi (sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, dan minyak telon), dan tisu antiseptik. Selain itu, sebaiknya Bunda juga membawa perlak yang biasanya digunakan sebagai alas mengganti popok sekaligus berjaga-jaga siapa tahu Si Kecil mengompol saat tidur.

Snack favorit Si Kecil

Saat menginap di rumah kerabat, ada kemungkinan Si Kecil akan rewel. Salah satu alasan anak rewel biasanya adalah karena ia lapar. Namun, bagaimana jika saat itu belum memasuki jam makannya? Bunda bisa membawa dan member snack favorit Si Kecil. Sekarang sudah banyak yang menjual biskuit bayi beraneka rasa. Sebagai alternatif, Bunda juga bisa memberinya buah-buahan, tetapi pastikan bahwa Si Kecil memang sudah mampu mengunyah dan pencernaannya sudah cukup kuat, ya.

Peralatan makan

Peralatan makan anak kecil, terutama bayi, idealnya berbeda dari yang biasa Bunda dan orang dewasa lain gunakan. Oleh sebab itu, Bunda wajib membawa peralatan makan Si Kecil saat menginap di rumah kerabat. Siapkan wadah khusus untuk menyimpan dan membawa botol minum, mangkok makan khusus, sendok makan, bahkan hingga spons khusus yang biasanya Bunda gunakan untuk mencuci berbagai peralatan tersebut. Bunda tidak perlu membawa semuanya, sesuaikan saja dengan kebutuhan Si kecil.

Mainan favorit Si Kecil

Namanya juga anak kecil, pastinya mereka akan menghabiskan banyak waktu dengan bermain, apalagi pada momen liburan seperti saat ini. Ketika menginap di rumah kerabat, kemungkinan Si Kecil akan sering berinteraksi dengan saudara-saudaranya yang lain. Namun, tidak ada salahnya untuk membawa mainan sendiri untuk Si Kecil.

Tenang, Bunda tidak harus membawa seluruh mainan yang dipunyai Si Kecil, kok. Cukup bawa beberapa mainan yang menjadi favorit dan paling sering ia mainkan. Jika misalnya Si Kecil lebih suka membaca buku cerita, Bunda juga bisa membawa beberapa buku favoritnya ke rumah kerabat.

Obat-obatan

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya jatuh sakit. Masalahnya, Bunda tidak bisa memprediksi datangnya suatu penyakit. Karenanya, sebaiknya Bunda berjaga-jaga membawa obat-obatan saat mengajak Si Kecil menginap di rumah kerabat. Beberapa obat yang perlu Bunda bawa adalah obat diare, obat penurun panas, obat muntah, serta peralatan P3K seperti perban, plester, dan antiseptik. Jangan lupa juga membawa termometer jika seandainya suhu tubuh Si Kecil mendadak panas ya, Bunda. Jangan lupa juga bawakan Konicare Minyak Telon Plus dan Konicare Minyak Kayu Putih Plus untuk selalu menjaga si Kecil tetap hangat dan terhindar dari masuk angin, kandungan lavender dan geranium dengan keharuman alami tanpa tambahan parfumnya bisa melindunginya dari gigitan nyamuk/serangga efektif selama 8 jam.

 

Mengajak Si Kecil menginap di rumah kerabat atau keluarga dapat membantu Si Kecil agar lebih akrab dan mengenal anggota keluarga besar. Agar Si Kecil betah, jangan lupa membawa beberapa barang yang sudah disebutkan di atas, ya. Selamat menghabiskan waktu bersama keluarga, Bunda!

 

Pic courtesy by pexels

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

dwi_arum_nofayanti410

penting nih

entin

sangat bermanfaat

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved