Tips

Mengatasi Buah Hati Rewel Akibat Tumbuh Gigi

Serba salah rasanya jika menghadapi si Bayi yang sedang tumbuh gigi, mulai dari menangis, tidak mau makan, hingga tidur pun jadi susah. Tumbuh gigi Bayi biasanya dimulai sejak ia berusia 6 bulan hingga menginjak 1 tahun. Namun kondisi ini akan berbeda setiap anak dan berbeda pula gejala yang dialaminya. 

Karena itu, Bunda harus tahu cara menenangkan si Bayi yang rewel karena tumbuh gigi. Bunda bisa mencoba beberapa hal berikut, untuk dapat meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman yang dialami oleh Bayi : 

Mengusap Gusi Bayi

Memberikan pijatan pada gusi nyatanya dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi Bayi yang tengah berwarna merah. Gunakan jari bagian telunjuk untuk memijat dan menekan area gusi dengan menggunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan air dingin selama beberapa menit. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kain lap dan jari Bunda agar selalu dalam keadaan bersih.

Memberikan Mainan Teether

Saat tumbuh gigi, si Kecil jadi memiliki kebiasaan menggigit sesuatu untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman pada gusinya. Ada beberapa cara yang dapat Bunda berikan kepada si Kecil untuk membantunya mengurangi rasa nyeri saat tumbuh gigi, salah satunya adalah dengan memberikan teether. Teether adalah mainan khusus yang digunakan Bayi untuk menggigit, Bunda bisa memberikannya saat ia menginjak usia 5 atau 6 bulan. Namun pastikan selalu kebersihan teether dengan rutin mensterilkannya ya Bun...

Beri Makanan atau Minuman Dingin

Tahukah Bunda, ternyata rasa dingin dapat membantu mengurangi rasa nyeri serta pembengkakan gusi pada Bayi. Cobalah untuk memberikannya camilan dingin dari buah atau sayuran kesukaannya yang sudah dipotong kecil (finger food) yang mudah digenggam si Kecil. Sensasi dingin dari makanan tersebut memberikan efek menenangkan dan sesaat si Kecil akan lupa akan rasa sakitnya. Pastikan untuk  tidak memberikannya makanan manis seperti coklat atau es krim untuk menghindarkannya dari kerusakan gigi.

Tenangkan Dengan Sentuhan

Karena merasa tidak nyaman, si Kecil akhirnya menjadi rewel saat tumbuh gigi. Untuk menenangkan dan memberikannya rasa nyaman, Bunda dapat memijat tubuhnya dan mengoleskannya Konicare Minyak Telon Plus. Sentuhan yang diberikan Bunda kepada si Kecil merangsang hormon oksitosin sehingga membuat rileks dan menjaga tubuhnya tetap hangat. 

Gejala dan rasa tidak nyaman yang dialami si Kecil saat tumbuh gigi biasanya akan perlahan menghilang dalam beberapa waktu. Jika Bunda menemukan gejala yang berlebihan seperti muntah atau diare, segeralah untuk membawa si Kecil ke dokter agar ia mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga  Bunda dapat melewati fase tumbuh gigi si Kecil dengan baik ya :)
 

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved