Tips

Jangan Digaruk, Ini Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk

Nyamuk adalah serangga kecil yang bisa saja mematikan. Serangga ini menjadi biang berbagai penyakit berbahaya, contohnya seperti demam berdarah dan malaria. Saat Anda digigit nyamuk, ia menyuntikkan senyawa antikoagulan yang berfungsi untuk mengencerkan darah supaya bisa lebih mudah dihisap. Kulit pun akan melepaskan histamin akibat reaksi dari antikoagulan, inilah yang menjadi penyebab rasa gatal dan bentol gigitan nyamuk.

Rasa gatal akibat gigitan nyamuk ini sangat sulit untuk diabaikan. Namun, sebaiknya Anda tidak menggaruknya supaya tidak memunculkan infeksi. Jika digaruk, maka gigitan nyamuk tersebut akan meninggalkan bekas agak kehitaman. Tetapi jika Anda sudah terlanjur menggaruknya dan menimbulkan bekas, ada beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang bisa dilakukan.

Es batu

Saat kulit Anda digigit nyamuk, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengambil es baru dan mengompreskannya ke bagian yang digigit nyamuk. Kompres dingin dengan es batu cukup ampuh untuk mengurangi efek peradangan serta mengatasi rasa gatal. Jadi, Anda pun tidak akan terdorong untuk menggaruk gigitan nyamuk.

Pertama-tama, Anda perlu membungkus es batu ke dalam sebuah kain. Kemudian, kompres selama 5 menit di bagian yang tergigit nyamuk. Sangat disarankan untuk tidak meletakkan es batu secara langsung ke kulit atau mengompresnya selama lebih dari 5 menit karena bisa merusak kulit. Es batu ini bisa Anda jadikan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk paling awal sebelum memulai cara lainnya.

Lidah buaya

Kandungan dalam gel lidah buaya bersifat anti inflamasi, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Sensasi dinginnya dapat mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk, sekaligus mengurangi efek peradangan. Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, sehingga sangat baik untuk melembabkan kulit.

Anda dapat menggunakan gel lidah buaya yang dijual bebas atau mengambilnya langsung dari tanaman lidah buaya di pekarangan rumah Anda. Caranya, potong lidah buaya dalam beberapa ukuran kecil. Oleskan di bagian yang terkena gigitan nyamuk. Diamkan sebentar sampai mengering, kemudian oleskan lagi bila diperlukan.

Cuka apel

Cuka apel sudah sering digunakan sebagai salah satu bahan utama dari home remedy. Kandungan alami yang ada di dalam cuka apel dapat mengurangi rasa gatal dan kemerahan dari bentolan gigitan nyamuk. Hal ini karena cuka apel merupakan disinfektan alami yang dapat memperbaiki jaringan kulit serta mengeluarkan protein dan enzim dari air liur nyamuk yang menggigit kulit Anda.

Untuk memakai cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk, teteskan cuka apel ke kulit yang terkena gigitan nyamuk. Atau, Anda juga bisa memasukkan 2-3 sendok makan cuka apel ke dalam semangkuk kecil air dingin dan usapkan kulit yang terkena gigitan dengan kapas yang dibasahi larutan cuka apel.

Bawang merah

Bawang merah bukan hanya bermanfaat untuk memperkaya rasa dari masakan Anda, namun juga terbukti jadi salah satu cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang efektif. Air dari bawang merah yang diiris memiliki khasiat anti jamur sehingga dapat meredakan gatal dan memudarkan bekas gigitan nyamuk.

Untuk bisa meng ekstrak air bawang merah dan menggunakannya sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk, cukup oleskan irisan bawang merah ke area bekas gigitan nyamuk selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan area tersebut dengan air bersih.

Minyak kayu putih

Jika Anda membutuhkan cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang lebih praktis tanpa harus pergi ke dapur, Anda bisa menggunakan Konicare Minyak Kayu Putih Plus. Minyak kayu putih ini bersifat anti inflamasi serta memiliki kandungan sineol yang memberikan rasa hangat, cocok digunakan untuk mengatasi peradangan akibat gigitan nyamuk.

Selain itu, aroma dari Konicare Minyak Kayu Putih Plus mampu mencegah nyamuk datang kembali. Jadi, usapkan Konicare Minyak Kayu Putih Plus di area yang terkena gigitan nyamuk serta area sekitar supaya kulit Anda aman dari serangan nyamuk, terutama di musim pancaroba ini. Siapkan selalu Konicare Minyak Kayu Putih Plus di rumah dan dalam tas agar Anda dan keluarga senantiasa terlindungi dari gigitan nyamuk di mana pun itu.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

niluhputua

bagus artikelnya

naya

good terimakasih

yulyana

oke

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved