Playpedia

Pentingnya Anak Bermain Kotor di Luar

Pernahkah Ayah dan Bunda melarang si kecil untuk bermain di luar karena dengan alasan takut terkena kotor? Memang, terkadang kita sebagai orang tua mudah merasa khawatir pada saat melihat buah hati terlihat kotor karena bermain. Namun, ternyata bermain sampai kotor itu tidak selamanya buruk, loh, Bun. Salah satu manfaat baik yang didapatkan anak saat mereka bebas bermain sampai kotor di luar adalah berkaitan dengan daya tahan tubuh. Mempertahankan hidup bersih merupakan kebiasaan yang harus terus dilakukan, namun Bunda juga perlu mengetahui kalau ada bakteri-bakteri yang sebenarnya memang diperlukan dan bermanfaat untuk tubuh anak pada saat mereka sedang bermain kotor. Untuk Bunda yang masih ragu, di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat anak bermain kotor di luar, seperti:


  1. Melatih anak membersihkan tubuh
    Orangtua bisa melatih anak untuk mulai bisa merawat dan membersihkan dirinya dari hal yang sederhana seperti setelah bermain kotor-kotoran. Dengan membuat kegiatan membersihkan ini sama menyenangkannya dengan saat bermain, anak-anak akan lebih mudah memahami dan membuat ini menjadi sebuah rutinitas baik yang selalu dinantikan oleh si kecil.

  2. Menjaga sistem kekebalan tubuh
    Salah satu manfaat yang bisa didapatkan saat membiarkan anak-anak bermain kotor adalah meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Saat kulit bersentuhan dengan kotoran, sistem imun akan merespons dengan membentuk antibodi. Antibodi ini yang akan menjaga sistem kekebalan tubuh. Artinya, ketika satu saat si kecil terpapar bakteri atau virus yang serupa, maka antibodi dalam tubuh telah terbentuk dan akan lebih mudah melawan bakteri atau virus yang masuk.

  3. Anak mengenal alam bebas
    Membiarkan anak melakukan eksplorasi dengan caranya mereka sendiri merupakan hal yang baik untuk perkembangan tumbuh kembang anak. Membawa anak bereksplorasi di alam bebas membuat anak mengenali dunia luar, yakni seperti beragam jenis serangga, hewan, serta tanaman liar. Saat anak bermain kotor-kotoran, otaknya akan terdorong untuk mencari tahu mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi. Keingintahuannya akan mendorong anak untuk bereksplorasi, mencoba berbagai macam kemungkinan, dan merasa bangga ketika ia bisa menemukan sendiri jawabannya.

  4. Mengembangkan kecerdasan emosional dan kemampuan sosialisasi
    Saat bermain ibu dapat memberi pujian, pertanyaan, atau komentar yang sekiranya dapat menumbuhkan semangat, kemampuan berekspresi, rasa percaya diri, maupun sisi pantang menyerah anak. Karena dalam melakukan permainan sendiri tidak ada sesuatu yang benar dan juga salah. Selain itu, saat anak sedang bermain dengan orang lain, ia akan melakukan interaksi dan berkomunikasi langsung dengan lawan mainnya. Hal ini akan melatih anak untuk bersosialisasi serta membuat anak menentukan apa yang ingin mereka lakukan secara bersama-sama.

 

Mulai sekarang, Ayah dan bunda tidak perlu ragu lagi jika ingin mengijinkan buah hati bermain kotor-kotoran di luar. Hal terpenting adalah saat anak sedang bermain, baik Ayah maupun Bunda tetap memberikan perhatian serta pengawasan yang tepat sehingga anak tetap bermain dalam batas yang wajar dan tidak melukai dirinya sendiri.Untuk tetap menjaga kebersihan saat bermain, jangan lupa untuk selalu membawa dan gunakan Konicare Gel Pembersih Tangan pada saat bermain. Namun, setelah bermain seharian, Bunda juga bisa langsung mengajak si kecil untuk mandi menggunakan Konicare Natural Baby Bath 2in1. Setelahnya, agar badan si kecil tetap terasa hangat, setelah mandi Bunda bisa mengoleskan Konicare Minyak Telon Plus ke perut, tangan, serta kaki anak. Si kecil akan kembali bersih, merasa nyaman, serta siap untuk beristirahat.

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved