Nature & Health

Manfaat Besar yang Ditemukan Dalam Bunga Matahari

Bunga matahari kita kenal sebagai salah satu tanaman hias yang banyak dikagumi orang karena keindahannya. Bunga dengan warna khas kuning terang dengan bagian tengah yang berwarna cokelat ini, sering kita jumpai di beberapa toko bunga sebagai penghias pekarangan rumah. Tapi bukan karena bentuknya saja yang cantik dan menarik saja yang membuat bunga ini dikagumi, tapi bunga matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Tanaman ini dikenal memiliki biji yang berukuran cukup besar yang lebih dikenal dengan nama kwaci yang bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat low kolesterol. Menurut Dr. James E. Duke, seorang penulis buku Anti-ageing Prescription, mengatakan kalau biji bunga matahari (kwaci) mengandung triptofan yang baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain itu, bagian kwaci ini juga banyak mengandung vitamin B kompleks dan B6 yang berguna untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat secara alami.

Tidak hanya bijinya saja, beberapa bagian lainnya dari biji bunga matahari, ternyata memiliki fungsi dan khasiat yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Bagian Bunga

Seperti dikutip dari lama iptek.net.id, bagian bunga matahari yang berwarna kuning bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan sebagai obat pengurang rasa sakit. Untuk mendapatkan khasiat ini, anda tinggal merebus bagian bunganya ini dengan segelas air dan menyisakan separuh air rebusannya. Setelah itu, minum air hasil rebusannya dua kali sehari setelah makan.

Bagian Daun

Daun bunga matahari memiliki khasiat yang tidak kalah dengan bagian bunganya, berdasarkan sumber yang sama, bagian daunnya ini kerap digunakan sebagai obat antiradang, obat pengurang rasa sakit, dan obat anti malaria. Untuk mendapatkan khasiat dari daun bunga matahari juga sangat mudah, anda tinggal merebusnya dengan satu gelas air sampai tersisa setengahnya, setelah itu air rebusan daun matahari ini di minum dua kali sehari setelah makan.

Bagian Akar

Akar bunga matahari dipercaya mampu meredakan batuk dan mengatasi masalah keputihan bagi wanita. Selain itu, akar bunga matahari juga kerap digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih. Untuk yang satu ini, sekarang banyak tersedia akar bunga matahari yang sudah dalam serbuk. Anda tinggal merebusnya dan meminumnya ketika masih hangat.

Bagian Batang

Bagian sum-sum batang bunga matahari memiliki fungsi untuk merangsang energi vital, mampu menenangkan liver, menghilangkan rasa sakit ketika buang air kemih dan merangsang pengeluaran air kemih.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

verawati22sianipar

siapp

himma

ok

Alisca

ok

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved