Nature & Health

4 Tips Mengatasi Mual dan Pusing pada Anak Jika Mabuk Kendaraan Saat Mudik

Bisa menghabiskan waktu bersama anak pada waktu libur panjang pastinya sangatlah menyenangkan dan menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Apalagi pada waktu Lebaran, mudik bersama keluarga bisa membawa satu pengalaman tak terlupakan.

Namun, ketika di dalam perjalanan yang panjang, masalah bisa saja muncul, khususnya yang menimpa anak. Karena harus menempuh waktu di jalan yang cukup lama, anak bisa mual dan pusing karena mabuk kendaraan. Dan hal ini cukup mengkhawatirkan karena pada akhirnya, anak sulit untuk menikmati perjalanan saat mudik.

Untuk itu, perlu dilakukan pencegahan dan cara mengobati jika anak terkena masalah tersebut. Bagi Bunda yang nanti akan mudik bersama keluarga, bisa mengikuti empat tips mengatasi mual dan pusing pada anak jika mabuk kendaraan saat mudik. Berikut penjelasan lengkapnya.

Ajak anak ngobrol dan bermain

Tips pertama mengatasi mual dan pusing pada anak adalah mengajaknya mengobrol dan bermain sepanjang jalan. Di dalam perjalanan yang panjang, pasti ada rasa bosan yang melanda. Daripada anak hanya terdiam dan akhirnya terserang mabuk kendaraan, lebih baik Bunda mengajaknya mengobrol dan bermain. Berikan bahasan yang ringan dan tentunya yang dia sukai. Selain itu, Bunda juga bisa mengajaknya bermain kuis yang membawa suasana segar di dalam perjalanan dalam waktu yang lama.

Bawa snack kesukaannya

Tips kedua mengatasi mual dan pusing pada anak adalah membawa snack kesukaannya. Pastinya anak Bunda memiliki snack yang dia sukai. Nah, ketika perjalanan mudik ini, memang sebaiknya Bunda sudah membeli snack favoritnya agar ketika di tengah jalan ingin makan, Bunda bisa memberikan snack tersebut.

Mual dan pusing bisa dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk perut kosong. Maka dari itu, snack bisa menjadi penyelamat. Tapi jangan sampai Bunda memberikan terlalu banyak makanan karena bisa membuatnya kekenyangan sehingga membawa masalah baru.

Berikan obat anti mabuk perjalanan

Tips ketiga mengatasi mual dan pusing pada anak adalah memberikannya obat anti mabuk perjalanan. Untuk cara ini memang menjadi jalan keluar yang cepat. Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya berikan anak obat anti mabuk perjalanan. Konsumsi sesuai takaran agar ketika dalam perjalanan, si kecil bisa menikmati perjalanan tanpa terkenal mual dan pusing. Untungnya, sekarang juga sudah ada obat anti mabuk perjalanan khusus untuk anak yang lebih cocok diberikan kepadanya.

Gunakan minyak telon

Tips terakhir mengatasi mual dan pusing pada anak adalah menggunakan minyak telon. Minyak telon memang bisa menjadi penyelamat cepat di tengah perjalanan karena membawa rasa nyaman bagi anak. Bunda bisa memberikan Minyak Telon Konicare yang dapat memberikan rasa hangat pada tubuh anak.

Untuk pemakaian minyak telon Konicare sendiri, Bunda bisa menaruhnya di bagian perut, khususnya di pusar, dan juga di bagian punggung agar tubuhnya lebih hangat. Selain itu, minta anak untuk menghirup wangi minyak telon agar bisa membuat tubuhnya tenang dan penyakit mual serta pusingnya bisa menghilang secara perlahan-lahan. Dengan melakukan cara ini, anak tidak akan mendapatkan masalah berarti di tengah perjalanan yang cukup panjang itu.

 

Itulah empat tips mengatasi mual dan pusing pada anak jika mabuk kendaraan saat mudik. Sebaiknya Bunda melakukan beberapa tips di atas agar ketika nanti mudik, anak bisa merasa nyaman dan tidak mendapatkan masalah di tengah jalan. Dengan kondisi tersebut, maka perjalanan Bunda berserta pastinya terasa sangat menyenangkan.

 

Photo Credit: Pxhere.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

thank you for sharing bunda :)

michael

minyak telon harus selalu dibawa. mantap

dewinta

ok

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved