Nature & Health

Hal yang Tidak Boleh Bunda Lakukan saat Anak Demam

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh mengalami kenaikan yang biasanya disebabkan oleh infeksi, baik oleh bakteri maupun virus. Demam umum terjadi pada anak, karena mereka masih mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya sendiri.

 

Meskipun umumnya akan sembuh dalam beberapa hari, tapi pasti ada kekhawatiran yang Bunda alami. Agar anak terhindar dari komplikasi akibat demam, berikut adalah beberapa hal yang perlu Bunda hindari dan pahami untuk penanganan saat anak demam:

 

  1. Memakai Baju Tebal

Bunda, Memakai baju tebal hingga berlapis ketika suhu tinggi akan membuat si kecil makin tidak nyaman dan terasa panas. Hal ini justru bisa mengganggu suhu tubuh dan membuat demam makin parah. Sebagai alternatifnya, Bunda bisa memakaikan si kecil baju berbahan katun tipis yang longgar dan tidak ketat.

 

  1. Konsumsi Makanan Tinggi Gula

Saat sedang sakit, makanan tinggi gula dan manis seperti kue, donat atau permen sebaiknya dihindari karena rendah nutrisi. Bahkan, terlalu banyak gula membuat perut hanya terasa kenyang sementara dan membuat sistem kekebalan tubuh si kecil bekerja lebih keras.

 

  1. Kurang Minum Air Putih

Bunda, demam bisa meningkatkan laju pernapasan yang bisa membuat tubuh kehilangan air dan keringat akan meningkat untuk menurunkan suhu tubuh. Pastikan asupan air putih ketika demam tercukupi supaya tidak meningkatkan risiko dehidrasi.

 

  1. Konsumsi Makanan Cepat Saji

Hindari si kecil dari makanan olahan, seperti makanan kaleng, keripik, dan asupan asin lainnya. Makanan tersebut mungkin tidak memiliki kadar gula yang tinggi, tapi justru tinggi garam dan pengawet yang jika dimakan secara berlebihan bisa menghambat penyembuhan tubuh.

 

  1. Minum Antibiotik Tanpa Saran Dokter

Masih banyak yang mengira bahwa antibiotik adalah obat bagi segala penyakit. Padahal, tidak semua penyakit membutuhkan antibiotik untuk mengobatinya. Hal ini berlaku untuk demam, Bunda tidak boleh memberikan antibiotik sembarangan tanpa saran dokter. Jika diagnosis dokter adalah adanya infeksi bakteri seperti radang tenggorokan, maka pemberian antibiotik disarankan. Namun, jika demam disebabkan oleh virus, seperti pilek atau influenza, maka antibiotik tidak dianjurkan.

 

Pertolongan untuk Si Kecil yang Demam

Sebagai pertolongan pertama saat anak demam, Bunda bisa menghindari hal-hal di atas. Sebaliknya, Bunda bisa menggunakan baju berbahan tipis dan dingin, mencukupi kebutuhan air putih untuk mencegah dehidrasi, kompres tubuh dengan air hangat, dan perbanyak istirahat. Bunda juga bisa memberikan obat penurun demam seperti parasetamol khusus anak. Selain itu, supaya tubuh anak tetap rileks dan hangat, Bunda bisa mengoleskan Konicare Minyak Telon Plus Lavender di tubuh si kecil. Konicare Minyak Telon Plus Lavender wanginya alami tanpa tambahan parfum, wanginya bayi banget sehingga aman untuk kulit si kecil yang sensitif.

Si kecilpun tetap hangat dan bisa istitrahat dengan nyaman sehingga mempercepat pemulihannya.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Sabrina_Wulandari22

nice info

SUSY

ok

artianfamilia

thanks infonya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved