Nature & Health

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Kembung merupakan salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi pada setiap orang. Kondisi ini ternyata juga bisa terjadi pada anak, khususnya pada bayi berusia tiga bulan karena saluran pencernaannya yang belum berfungsi secara sempurna. Sebetulnya memang di dalam saluran pencernaan manusia terdapat gas atau udara.

Kondisi ini bisa menjadi suatu masalah apabila jumlah gas tersebut berlebihan. Orang dewasa bisa dengan mudah mengeluarkan gas berlebih tersebut melalui sendawa atau kentut. Namun, tidak begitu halnya dengan anak kecil yang masih membutuhkan bantuan untuk mengeluarkannya. Jika si kecil mengalami hal tersebut, Bunda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi perut kembung.

Perbaiki posisi menyusui

Apabila si kecil masih aktif minum susu, baik itu menyusu ASI langsung atau dari botol, bisa jadi posisi menyusui inilah yang menyebabkan perut kembung pada anak. Solusi mengatasi perut kembung adalah dengan memperbaiki posisi menyusui, Bunda. Saat sedang menyusui atau memberikan susu lewat botol, Bunda bisa memposisikan kepala si kecil agar lebih tinggi dari perutnya.

Dengan posisi ini, susu bisa lebih mudah masuk ke perut anak. Sebaliknya, udara dalam tubuh si kecil juga bisa lebih mudah menuju ke atas, sehingga ia pun dapat bersendawa. Agar Bunda juga bisa nyaman dalam menyusui anak, coba ganjal kepala anak dengan bantal.

Sendawakan anak setelah menyusu

Kunci dari mengatasi perut kembung anak adalah dengan mengeluarkan gas berlebih dari dalam tubuhnya, salah satunya melalui sendawa. Idealnya, anak akan sendawa dengan sendirinya setelah ia menyusu karena merasa kenyang.

Namun, jika ia tak kunjung melakukannya setelah menyusu, Bunda harus membantunya. Caranya adalah dengan memposisikan kepala anak agar lebih tinggi dari perutnya. Lalu, usap punggung si kecil dengan lembut dan perlahan. Lakukan selama beberapa menit, tunggu hingga ia bersendawa.

Memijat lembut perut anak

Selain sendawa, gas atau udara berlebih dalam tubuh si kecil juga bisa keluar melalui buang angin. Untuk mengatasi perut kembung melalui cara ini, Bunda bisa memijat lembut perut anak. Caranya adalah dengan membaringkan anak di atas kasur atau alas yang nyaman untuknya.

Lalu, posisikan kedua telapak tangan Bunda di belakang punggung si kecil, dengan kedua ibu jari berada di bagian atas perut. Setelah itu, gerakkan ibu jari mendekati arah pusar. Berikan tekanan yang lembut saat mendekati pusar. Ingat, Bunda, jangan terlalu keras saat memijat perut si kecil karena bisa membuatnya kesakitan. Bunda dapat menggunakan minyak khusus seperti Konicare Natural Baby Massage Oil untuk  membantu proses pemijatan sekaligus memberikan rasa hangat pada tubuh si kecil.

Dilengkapi kandungan utama Virgin Coconut Oil, Konicare Natural Baby Massage Oil dapat membantu memberikan rasa nyaman dan rileks selama tubuh di kecil dipijat. Lakukan pemijatan ini setidaknya satu jam setelah si kecil menyusu ya, Bunda. Namun, apabila ia menunjukkan tanda-tanda tidak nyaman, sebaiknya segera hentikan.

 

Kondisi perut kembung sangat wajar terjadi pada anak kecil, Bunda. Tidak perlu khawatir, Bunda bisa melakukan berbagai cara mengatasi perut kembung di atas. Namun, apabila si kecil masih saja kesulitan untuk bersendawa atau buang angin, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya, Bunda.

 

Photo Credit: Pexels

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Momdarrell

terimakasih infonya bunda konicare,, ????

lily09

infonya bagus

VhinestaApril24

info nya bagus sekali

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved