Kehamilan

Kegiatan Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Hamil bukan berarti memiliki alasan yang cukup untuk bermalas-malasan, lemas dan berdiam diri. Ibu hamil justru sangat mebutuhkan kegiatan untuk mengatasi kejenuhan dan menumbuhkan semangat diri agar selalu tercipta pemikiran positif yang akan berdampak bagi tubuhnya agar selalu selalu dalam keadaan sehat, bugar, serta membantu memperlancar proses persalinan. Kegiatan yang dilakukan tidaklah harus yang berat dan disesuaikan dengan kondisi fisik dan mental, serta dilakukan senyaman mungkin agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil diantaranya

 


1. Olahraga

Beberapa jenis olahraga bisa dilakukan ketika hamil selama dalam batas yang disesuaikan dengan kemampuan fisik. Olahraga yang dapat dilakukan diantaranya adalah jalan santai (jalan kaki) yang merupakan jenis olah raga paling baik untuk ibu hamil, dapat melancarkan peredaran darah dan menjaga ibu hamil tetap fit. Kegiatan ini tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa dilakukan di mana saja, misalnya sambil berbelanja untuk memanjakan mata atau berkeliling sekitar rumah di pagi hari. Selanjutnya olahraga yang juga aman bagi ibu hamil adalah berenang yang dapat membuat seluruh otot pada tubuh ikut bergerak. Namun olahraga ini perlu perhatian khusus saat melakukannya. Berenanglah dengan gerakan santai dan perlahan (sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berenang agak terhindar dari kram). Berenang dapat memperkuat otot rahim dan panggul guna kelancaran ketika persalinan. Selain jalan santai dan berenang, ibu hamil juga bisa mengikuti senam hamil dan yoga untuk alternatif olahraga lainnya.


 

2. Berbelanja

Selain olahraga, kegiatan yang bisa dilakukan ibu hamil adalah berbelanja, mulai dari belanja kebutuhan sehari-hari hingga belanja perlengkapan bayi yang dapat membuat susana hati gembira. Ibu dapat refreshing, menghilangkan penat, meredakan stres, juga menjaga kebugaran. Namun kegiatan ini harus disesuaikan juga dengan konidis fisik ibu hamil, selain itu pilih tempat berbelanja yang nyaman dan tidak terlalu ramai agar leluasa bergerak dan bernafas. Jangan terlalu banyak membawa barang belanjaan untuk mengindari cepat lelah dan gunakanlah pakaian senyaman mungkin agar dapat menikmati waktu berbelanja.


 

3. Memasak

Memasak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil jika kondisinya memungkinkan, misalnya tidak mengalami mual ketika mencium aroma bumbu, sayur dan kebutuhan memasak lainnya. Memasak dapat memunculkan perasaan bahagia ketika masakan yang telah selesai dibuat dinikmati dengan lahap oleh seluruh anggota keluarga. Ciptakan kondisi senyaman mungkin ketika memasak, jangan terlalu lama berdiri, masaklah makanan yang tidak melalui proses yang lama dan perhatikan sirkulasi udara di dapur. Selain memasak, ibu hamil juga dapat melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya seperti mengepel lantai dan mencuci.

 


4. Bermain Internet

Memutar video clip musik sambil berselancar di dunia maya, bersosial media atau sekedar chit chat dengan teman sambil bertukar informasi dapat menumbuhkan pikiran positif untuk ibu hamil. Selain itu juga dapat menambah informasi lebih banyak seputar kehamilan dan persalinan, mengumpulkan resep masakan ketika anak sudah mulai MPASI nantinya dan masih banyak kegiatan positif lainnya yang dapat dilakukan dengan menggunakan internet.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimkasih bunda infonya sangat bermanfaat ^^

imroatul_mufidah

terimakasih infonya bagus

rinramawija

thanks infonya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved