Bayi

Kenali Resiko Penggunaan Dot Bagi Buah Hati

Untuk membuat Buah Hati tetap tenang, seringkali para orangtua menggunakan dot sebagai senjata andalan. Walaupun memiliki banyak manfaat, namun hingga saat ini penggunaan dot masih menjadi pro dan kontra lho, Bun. Karena itu sebelum memberikan si Kecil dot, ada baiknya Bunda mengenali terlebih dahulu apa saja sih resikonya di bawah ini:

 

Gangguan Pertumbuhan Gigi

Tahukah Bunda, ternyata Buah Hati yang menggunakan dot dalam jangka panjang akan mempengaruhi kesehatan gigi dan mulutnya. Penggunaan dot akan menimbulkan karies serta membuat struktur rahangnya terganggu, gigi tumbuh menjadi tidak semestinya dan bisa menjadi tidak beraturan atau tonggos.

 

Membuat Bingung Puting

Penggunaan dot nyatanya rentan mengganggu pemberian ASI, Buah Hati akan lebih tertarik menyusui dengan dot dibandingkan puting payudara Bunda sehingga mengakibatkan bingung puting. Bingung puting adalah keadaan dimana si Kecil merasa kebingungan antara cara kerja dot atau langsung dari Bunda. Walaupun hal ini biasanya terjadi pada Buah Hati yang baru lahir, namun alangkah baiknya hindari memberinya dot hingga ia bisa menyusu dengan baik.

 

Rentan Terkena Bakteri

Karet dot sangat rentan terkena bakteri, apalagi jika terlalu sering digunakan oleh Buah Hati. Kuman yang tumbuh pada dot bisa berbahaya bagi si Kecil dan dapat mengakibatkan muntah, diare sampai kolik. Karena itu sangat dianjurkan bagi Bunda untuk rutin mencuci dot dan mensterilkannya jika memang aktif digunakan.

 

Menimbulkan Ketergantungan

Bunda yang memberikan dot secara terus - menerus kepada Buah Hati akan mengakibatkan ia merasa ketergantungan. Saat si Kecil merasa terbiasa, bukanlah hal yang mustahil apabila dot terlepas dari isapannya ia akan menangis dan menjadi rewel saat Bunda tidak segera memberikannya.

 

Pemberian dot sangat tidak disarankan dalam jangka panjang, karena dapat menimbulkan efek negatif dan risiko lainnya bagi Buah Hati. Hentikan penggunaan dot sebelum usianya 1 tahun dan pastikan untuk mempertimbangkan dengan matang jika memang harus diberikan dot. Untuk membuat Buah Hati tetap tenang dan nyaman, jangan lupa mengoleskan juga Buah Hati Konicare Minyak Telon Plus Lavender. Rasa hangatnya memberikan si Kecil perlindungan dari masuk angin dan perut kembung, serta menjaganya dari gigitan nyamuk selama 8 jam. Pssttt Konicare Minyak Telon Plus Lavender wanginya juga bayi banget, pastinya bikin Bunda ingin cium-cium si Kecil terus. Semoga informasinya bermanfaat ya Bun :

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

verawati22sianipar

siap bunda

ananoer

tq infonya

iraiskandar26

thanks artikelnya Bunda

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved