Balita

Melatih Stimulasi Motorik Anak

Perkembangan anak sangat menarik untuk diikuti dari segi fisik maupun perkembangan emosi. Salah satu yang menjadi perhatian orangtua dalam perkembangan Buah Hati adalah keterampilan motorik apa saja yang sudah bisa dilakukan. Keterampilan motorik anak perlu dilatih karena akan mempermudah aktivitas sehari-hari serta membantu perkembangan kecerdasan otak juga. Salah satu bentuk stimulasi motorik sederhana yang bisa dilakukan adalah tummy time. Setelah itu, Bunda bisa melakukan beberapa kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan motorik si Kecil, seperti :

 

1. Membiasakan anak menggunakan dua tangan dalam setiap kegiatan

Penggunaan kedua tangan ini dimaksudkan agar Buah Hati bisa belajar untuk merasakan serta memiliki kontrol pada kedua tangannya. Kegiatan-kegiatan sederhana yang bisa dilakukan seperti memegang alat makan sendiri, mengenalkan anak cara menggenggam sikat gigi, ataupun membebaskan anak memegang makan dengan tangannya. Hal ini untuk menghindari salah satu fungsi tangan yang dominan.
 

2. Mewarnai dan menggambar

Mewarnai dan menggambar bisa melatih motorik anak dari segi gerak tangan maupun penglihatan. Dengan si Kecil terbiasa menggunakan pensil warna ataupun crayon, ini bisa melatih anak untuk bisa menggenggam secara kuat. Selain itu, secara penglihatan, anak akan diperlihatkan berbagai macam warna yang dapat memberikan rangsangan sehingga proses belajar menjadi lebih menarik.

 

3. Bermain dengan benda-benda kecil

Permainan dengan benda-benda kecil ini bisa memberikan stimulus agar anak bisa lebih mudah fokus terhadap satu hal. Beberapa permainan yang bisa dimainkan seperti balok, puzzle, ataupun lego. Buah Hati belajar untuk mengenali bentuk serta menyusun kembali ke dalam suatu bentuk yang mereka inginkan. Hal ini juga mampu untuk merangsang kreativitas anak.

 

4. Menempelkan atau meremas barang

Kegiatan ini memberikan stimulus pada anak bagaimana rasanya kekuatan itu digunakan. Dengan menempel serta meremas sesuatu, maka seorang anak akan berusaha memberikan kekuatannya pada hal tersebut. Selain itu, hal ini juga mampu melatih otot-otot tangan maupun jari.

 

Masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan Bunda dan Ayah dalam memberikan stimulasi motorik pada Buah Hati. Hal paling penting adalah semua yang dilakukan ini harus dilandaskan dengan rasa kasih sayang serta tidak ada paksaan sama sekali. Sebagai teman Buah Hati bermain, Bunda bisa mengoleskan Konicare Minyak Telon Plus pada tubuh Buah Hati. Wanginya yang bayi banget membantu anak lebih nyaman serta memberikan perlindungan yang maksimal dari gigitan nyamuk supaya anak nyaman saat bermain.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ananoer

ok siipp

Hafiza_kamila_putri

terimakasih banyak atas informasinya

bundaninas_86

oke terima kasih

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved