Anak

Manfaat Bermain di Luar Ruangan untuk Anak

Salah satu kecenderungan di era modern ini adalah membiarkan buah hati cenderung bermain gadget sejak mereka bayi sampai usia anak-anak. Dengan kebiasaan seperti ini membuat mereka lebih terbiasa dan senang berdiam di dalam rumah dan hanya fokus dengan gadget secara terus menerus. Jika dibiarkan sejak masih bayi, anak akan sulit berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan memiliki pengaruh buruk dalam mereka bersosialisasi. Ayah dan Bunda harus bisa cermat memilah kapan anak bisa bermain di dalam maupun di luar rumah, karena memang dua kegiatan bermain ini memiliki manfaatnya masing-masing. Tidak hanya untuk umur anak-anak, tetapi sejak mereka masih bayi pun bisa mulai dibiasakan bermain di luar ruangan. Selain bereksplorasi, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh buah hati jika mereka rajin bermain di luar ruangan, misalnya:

 

1. Meningkatkan keterampilan bersosialisasi

Membiarkan anak bebas bermain di luar membuat mereka lebih bisa berinteraksi secara langsung dan efektif dengan anak-anak yang sebayanya. Ketika anak selalu mendapatkan teman baru, mereka bisa terus belajar bagaimana bersosialisasi dan membuat interaksi yang baru. Hal ini bisa langsung meningkatkan keterampilan sosial dengan orang lain dan juga meningkatkan cara anak saling berkomunikasi dengan orang yang baru mereka kenal.

 

2. Menumbuhkan sikap mandiri

Hal ini bisa terjadi pada saat anak bermain di luar serta tidak mendapat pengawasan secara langsung. Ini membantu anak belajar mandiri saat sedang bersosialisasi dengan anak lainnya, begitu juga pada saat ia bermain sendiri. Anak bisa belajar menunggu giliran bermain, bangun sendiri ketika jatuh, atau mengajak berbicara teman yang baru dikenal, semua ini menyebabkan anak belajar jadi mandiri. Dari sini juga anak bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya.

 

3. Bagus untuk pertumbuhan

Berkaitan dengan kondisi fisik, saat anak bermain di luar, mereka secara langsung akan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Paparan sinar matahari yang bagus ini mampu mencukupi kebutuhan Vit D anak. Selain itu, bermain bisa menjadi suatu kegiatan fisik yang sama baiknya dengan berolahraga. Anak bisa meningkatkan ketahanan fisik serta bisa menyalurkan energi yang tersimpan.

 

4. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi

Dengan bebas bereksplorasi, maka hal ini juga akan meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak. Saat bermain, anak tidak memiliki batas atas apa yang mereka pikirkan dan apa yang ingin mereka lakukan. Hal ini juga bisa meningkatkan daya pikir anak menjadi semakin luas. Anak-anak bisa memaksimal segala macam benda yang ada disekitarnya.

 

Selama masa tumbuh kembang anak, biarkan mereka untuk bermain serta bereksplorasi dengan hal-hal yang mereka sukai sebebas mungkin. Dengan bermain, anak tidak hanya sekedar bersosialisasi, tapi juga membantu membangun dan membentuk kepribadiannya. Setelah seharian bermain di luar, Bunda bisa langsung memandikan buah hati untuk tetap menjaga kebersihan tubuhnya. gunakan Konicare Natural Baby Bath 2 in 1 sebagai sabun sekaligus shampo untuk si Kecil. Konicare Natural Baby Bath 2 in 1 dengan formula alami yang lembut dan wanginya yang lembut & segar, dapat membantu membersihkan tubuh Buah Hati, melembapkan kulit, serta membantu merawat pertumbuhan rambutnya. Konicare Natural Baby Bath 2 in 1 sudah teruji klinis Hypoallergenic Tested, pH balance dan mild on eyes yang aman untuk digunakan pada kulit si Kecil yang masih sensitif dan tidak pedih di mata serta mudah dibilas.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ananoer

bagus infonya

MelodyNauli02

oke bunda

wahyu85

ok

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved