Tips

Tips Meredakan Batuk dan Pilek pada Si Kecil secara Alami

Perubahan cuaca yang cukup ekstrim, kadang hujan deras lalu tiba-tiba panas seringkali membuat anak-anak atau balita mudah terserang batuk pilek. Tidak hanya perubahan cuaca saja, penyakit ini umum diderita anak-anak karena sistem imun tubuhnya belum sekuat orang dewasa.

 

Sebagai orang tua, pastinya merasa sedih dan kasihan melihat si kecil yang lemas hingga mengganggu aktivitasnya. Belum lagi tidurnya yang terganggu karena sering terbangun di malam hari.

Kalau si kecil sudah memberikan gejala batuk dan pilek, Bunda bisa memberinya pengobatan secara alami berikut ini:

 

  1. Perbanyak minum air mineral

Cairan terutama air putih bisa membantu tubuh melawan penyakit dan menjaga saluran udara tetap lembap. Pastikan anak mendapatkan cukup air, yaitu dengan meminum satu porsi air (8 ons atau 0,23 liter) atau sebanyak usia mereka per harinya. Jika si kecil berusia satu tahun, maka Bunda bisa memberinya minimal satu porsi air per hari, dan anak yang berusia dua tahun membutuhkan dua porsi per harinya.

 

  1. Gunakan humidifier

Letakkan humidifier di dekat si kecil agar kelembapan udara tetap terjaga. Kelembapan dari humidifier ini dapat menyusutkan saluran hidung dan mengencerkan lendir, sehingga membantu anak bernapas lebih mudah dan meredakan hidung tersumbat. Bunda juga bisa meneteskan Konicare Minyak Telon Plus ke dalam humidifier agar si kecil lebih rileks karena aromanya yang menenangkan.

 

  1. Makan sup ayam

Sup ayam tidak hanya menghangatkan, tapi juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit tenggorokan. Makan sup ayam hangat dapat mengatasi batuk dan pilek karena dapat membuka saluran hidung tersumbat sekaligus membantu membersihkannya. Selain itu, makanan ini membantu anak tetap terhidrasi dan terpenuhi kebutuhan nutrisi terutama protein dan karbohidrat.

 

  1. Berjemur di pagi hari

Ajak si kecil berjemur di bawah matahari pagi untuk menghangatkan tubuh dan membantu membunuh berbagai bakteri, sehingga tubuhnya jadi lebih sehat. Selain itu, menghirup udara di pagi hari juga baik untuk kesehatan saluran pernapasan mereka, loh!

 

  1. Konsumsi madu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu lebih baik daripada obat untuk meredakan batuk. Bunda bisa memberikan madu sebanyak 1-2 kali sehari untuk mengencerkan dahak dan mengatasi batuk. Perlu diingat juga untuk tidak memberikan madu kepada bayi di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan botulisme atau keracunan dari bakteri di dalamnya.

 

Selain tips-tips di atas, Bunda juga bisa memijat dengan Konicare Minyak Telon Plus agar si kecil tetap merasa hangat dan nyaman. Mengoleskan minyak telon pada bagian dada, perut dan punggung juga telapak tangan serta kaki balita juga bisa membantu mengatasi rasa tidak nyaman karena batuk dan pilek. Selain itu juga membantu melegakan pernafasan akibat hidung tersumbat sehingga si kecil bisa istirahat dan tidur lebih tenang yang pastimya menjadikannya lebih cepat pulih. Semoga si kecil cepat sembuh!

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Sabrina_Wulandari22

terimakasih infonya

artianfamilia

anak " mmg mudah batuk apalagi klw suka es

Rahayu

mantap

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved