COMING SOON
Golden Age, Masa Pertumbuhan Terbaik Si Kecil
August, 31 2015 14:58:38

Bunda, melihat perkembangan buah hati setiap hari sangatlah menakjubkan. Dari hari ke hari, si kecil akan menunjukkan kemampuan dan bakatnya. Usia emas (golden age) merupakan masa pertumbuhan yang harus diperhatikan oleh orang tua, karena kondisi fisik dan otaknya sedang dalam masa pertumbuhan terbaiknya.

Masa emas terjadi hanya sekali dalam kehidupan manusia. Di usia ini, seorang anak sangat peka terhadap segala hal yang terjadi dalam lingkungannya, sehingga usia ini pula ada yang menyebutnya sebagai usia kritis.

Di rentang usia ini, hendaknya disikapi dengan hal-hal yang positif baik dari segi bahasa maupun dalam hal tingkah laku. Sebab segala sesutu yang dilihat dan didengar dapat terekam di dalam otak dan tersimpan di memorinya. Berikut ini beberapa tahapan pertumbuhan si kecil usia 3-5 tahun.

Di usia 3 tahun, si kecil sudah mulai mengeksplorasi diri melalui kata dan bahasa. Senang bercerita dan humor. Mereka aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan diantaranya melompat dengan satu kaki, melangkah dengan cara jinjit, memakai sepatu sendiri, mencuci tangan dan mengambil minum sendiri, bernyanyi, dan menggambar bentuk garis lurus atau bentuk-bentuk yang sederhana.

Perkembangan di usia 4 tahun ditandai dengan meningkatnya ketajaman panca indra. Mengenal beberapa warna dan pandai berhitung dari 1 hingga 20. Anak juga senang mendengarkan cerita yang dibawakan oleh orangtuanya. Keahlian lain yang dimiliki oleh anak usia 4 tahun ialah dapat berdiri pada satu kaki, melompat dan menaiki tangga.

Dan di usia 5 tahun ditandai dengan ukuran kepala menyerupai kepala orang dewasa, tubuh sudah proporsional, dan membutuhkan energi sebanyak 1800 kalori per hari. Perkembangan otaknya pun telah mencapai 90% dari ukuran otak dewasa

Perkembangan kecerdasan lainnya ditandai dengan kemampuan untuk menghafal beberapa huruf, mengenal warna, menggambar dengan 6 bagian, menggambar orang lengkap, atau menggambar sebuah garis lurus atau segi empat.

Perkembangan kognitif dan bahasa pada usia bayi lima tahun adalah ia telah bisa menyebutkan nama, umur dan tempat tinggal. Memahami konsep bentuk dan ukuran, pandai menghitung dari 1 hingga 50, dan sudah bisa membaca jarum jam.

Anak usia ini sangat bersemangat belajar hal-hal yang baru, mereka juga mudah sekali untuk mengingat sesuatu. Selain itu, nampak juga kemampuan untuk memulai hidup mandiri seperti memakai sepatu dan baju sendiri, pergi ke toilet sendiri dan makan sendiri. Ia juga sudah mengenal dan bersosialisasi pada teman-temannya. Senang bermain dan mengerti bahwa permainan memiliki aturan yang mesti ditaati****



Page
Related Post