Judul Thread > Yuk Bun, Jaga Kesehatan Dan Waktu Tidur Seluruh Keluarga

1 of 1 Pages
  • 1
Dec 04, 2014, 11:44 AM
#1

mamahkiki 12 September 2014
mamahkiki
Forum Post: 58 member since
12 September 2014

Kebanyakan atau kekurangan tidur itu bisa berbahaya loh bun untuk kita, dan kebutuhan waktu tidurpun berbeda-beda, diukur dari brp umur seseorang ya bun, berikut artikel yag ku lansir dari www.meetdoctor.com :

Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) Amerika Serikat, kebutuhan tidur bisa dibedakan berdasarkan usia seperti berikut ini:

Bayi baru lahir: 16 – 18 jam.
Anak-anak: 10 – 12 jam.
Remaja: 9 – 10 jam.
Dewasa: 7 – 8 jam.
Akan tetapi, durasi tidur di atas bisa berubah bila, misalnya, seseorang banyak mengonsumsi alkohol atau obat penenang, sedang stres atau sedang sakit sehingga jumlah waktu tidur yang dihabiskan cenderung lebih banyak.

Namun, saat kondisi tubuh baik-baik saja, tidur lebih dari 7 – 9 jam termasuk ke dalam kategori kelebihan tidur. Hal ini akan mendatangkan berbagai risiko seperti berikut ini:

Meningkatnya risiko terkena diabetes.
Meningkatnya risiko mengalami obesitas dalam waktu 6 tahun ke depan sekalipun ia rutin berolahraga dan memakan makanan sehat.
Mengalami sakit kepala karena adanya gangguan pada serotonin dalam otak yang membuat sakit kepala, terutama jika tidur hingga siang hari.
Sakit punggung karena posisi tidur yang sama dalam waktu yang terlalu lama.

Memperburuk depresi sebab gangguan jiwa ini membutuhkan perawatan berupa waktu tidur yang lebih teratur dengan jam tidur yang sehat. Sebaliknya, terlalu banyak tidur akan memperburuk depresi.
Wanita yang tidur selama 9 – 11 jam setiap malam lebih berisiko terkena penyakit jantung.
Tingginya risiko kematian dini dibandingkan orang yang tidur selama 7 – 8 jam per hari.
Apabila Bunda mengalami masalah kelebihan tidur, Bunda harus melakukan perubahan gaya hidup, seperti mengurangi konsumsi hal-hal yang membuat waktu tidur menjadi tidak terkendali hingga mencari tahu adanya kondisi medis.

Tips lainnya adalah mengatur jam tidur menjadi teratur setiap malam dan bangun pagi di jam yang sama setiap harinya. Hindari konsumi kafein yang terlalu banyak diimbangi olahraga teratur dan menciptakan suasana tidur yang nyaman.

Dec 05, 2014, 14:47 PM
#2

BundaIda 11 September 2014
BundaIda
Forum Post: 50 member since
11 September 2014

Kalau aku sih di umah suka bawel sama semua yang masih bangun di jam 10 malam bun.. hehehe..

bukan maksud bawelin, tapi ya itu aku ingin smuanya teratur waktu tidurnya.. hihiihi :p

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved