Judul Thread > Tips Hindari Membentak Anak

1 of 1 Pages
  • 1
Nov 20, 2014, 09:17 AM
#1

IbuJelita 29 October 2014
IbuJelita
Forum Post: 44 member since
29 October 2014

Anak bunda pasti sering membuat ulah, bikin orang tua gregetan, sampai-sampai tanpa disengaja kamu membentak anak. Ayo siapa yang suka begini?
Membentak anak sekalipun tidak sengaja, tetap akan menimbulkan efek yang tidak baik pada perkembangan si kecil. Dan sebaiknya bunda bisa hindari membentak anak.
Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk memperingati anak tanpa harus membentak.

Ajarkan anak bersikap
Jika anak bunda mulai berulah, posisikan diri bunda setinggi si kecil kemudian lihat matanya. Bicarakan baik-baik pada anak kalau sikapnya tidak baik dan harus diperbaiki. Ajarkan bagaimana seharusnya ia bersikap. Cara ini lebih mengena pada anak dibandingkan berteriak untuk memperingatkannya.

Beri hukuman efektif
Jika cara di atas tidak berhasil dan malah membuat ulah anak semakin menjadi-jadi, mau tidak mau kamu harus memberikannya hukuman. Minta ia duduk di pojok hukuman selama beberapa menit, hingga emosinya dan kamu turun. Kemudian baru bicara baik-baik padanya, jangan lupa untuk mengungkapkan rasa sayang kamu padanya.

Berikan peringatan
Tekankan sampai tiga kali bagaimana seharusnya ia bersikap. Penelitian menunjukkan seseorang akan menanggapi serius sebuah peringatan jika disampaikan minimal tiga kali. Tanyakan juga alasan mengapa ia berulah, dengan begitu kamu bisa mengetahui penyebabnya. Anak pun merasa dihargai dan didengarkan pendapatnya.

Nov 20, 2014, 09:18 AM
#2

fikaratna 29 October 2014
fikaratna
Forum Post: 24 member since
29 October 2014

wah makasih bunda infonya, aku kadang juga gak sengaja bentak anakku. tp sekarang aku jadi tau cara menanganinya. nanti aku praktikkan

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved