Judul Thread > Tips atasi anak susah makan

1 of 1 Pages
  • 1
Sep 09, 2014, 09:30 AM
#1

omeoo-indonesia 08 September 2014
omeoo-indonesia
Forum Post: 2 member since
08 September 2014

Beberapa faktor anak susah makan dipengaruhi oleh faktor fisik dan psikis. Faktor fisik meliputi terdapatnya gangguan di organ pencernaan maupun terdapatnya infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis meliputi gangguan psikologis pada anak, seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukai.

Bagaimana mengatasinya?
Mungkin ada beberapa catatan penting yang terlewatkan oleh Anda saat memberi makan si kecil.Tips berikut mungkin dapat membantu Anda;

1. Coba sajikan makanan dalam porsi kecil.

Ingat, lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit.

2. Variasi makanan.

Cobalah buat beberapa pilihan menu makanan, lalu biarkan buah hati Anda memilih makanan yang ia sukai. Biasanya anak lebih suka dengan makanan pilihannya.

3. Sajikan dengan menarik

Setelah menyajikan banyak pilihan, sajikan dengan tampilan menarik. Misalnya, mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil. Contoh: Makanan Unik

4. Jadikan saat makan menyenangkan

Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menimbulkan trauma psikologis baginya.

5. Makan teratur

Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

6. Beri cemilan sehat

Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk manis dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, dan sebagainya.

7. Hindarkan gaya memaksa dan mengancam dalam membujuk anak. Selama waktu makan, minimalkan gangguan, misalnya matikan televisi dan jauhkan buku atau mainan dari meja makan.

8. Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan.

Misalnya dengan meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayur di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak anda memerlukan contoh dari orang tuanya. Bila anda mengkonsumsi makanan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan anda sebagai orang tua.

9. Hindari memberi iming-iming makanan penutup sebagai hadiah.

Hal ini dapat menyiratkan bahwa makanan penutup merupakan makanan yang paling enak dan baik untuk anak. Selain itu, dapat meningkatkan keinginan mengkonsumsi makanan manis bagi anak. Anda dapat memberikan makanan penutup selama 2 hari dalam seminggu, sedangkan pada pekan berikutnya tidak anda berikan. Buah, yogurt atau makanan sehat lain dapat anda ganti sebagai makanan penutup.

10. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.

Minuman rendah lemak maupun jus buah segar memang penting untuk anak, namun bila ananda terlalu banyak minum, tidak akan ada tempat yang cukup untuk makanan maupun kudapan sehat yang bisa masuk ke perut anak.



Sumber : Tips Mengatasi Anak Susah Makan http://bidanku.com/tips-mengatasi-anak-susah-makan#ixzz3CmWjrPpc

Sep 09, 2014, 09:31 AM
#2

omeoo-indonesia 08 September 2014
omeoo-indonesia
Forum Post: 2 member since
08 September 2014

Semoga infonya bermanfaat :)

Sep 11, 2014, 12:59 PM
#3

bundatyas 11 September 2014
bundatyas
Forum Post: 8 member since
11 September 2014

kalau anaknya maunya makan mie mulu gimana yah? anak saya itu kok senangnya makan mie., bingung ngatasinnya gimana. apakah vitamin penambah nafsu makan itu masih bisa diberikan? trims

Sep 11, 2014, 14:53 PM
#4

jengnuri 11 September 2014
jengnuri
Forum Post: 8 member since
11 September 2014

bundatyas said

kalau anaknya maunya makan mie mulu gimana yah? anak saya itu kok senangnya makan mie., bingung ngatasinnya gimana. apakah vitamin penambah nafsu makan itu masih bisa diberikan? trims


gampang bun, sekarang banyak tuh mie dari tepung beras gitu atau bunda coba buat mie hasil kreasi sendiri. sambil dikasih pengertian dengan gambar secara visual aja bun akibat kalau keseringan makan mie instan. untuk vitamin selama gizinya udah cukup dari asupan makanan sehari-hari gak usah bun. tapi kalau melihat kondisi anak bunda yang doyan makan mie bagusnya sih kasih vitamin bunda.

Sep 11, 2014, 15:47 PM
#5

BundaIda 11 September 2014
BundaIda
Forum Post: 50 member since
11 September 2014

wah terimakasih bunda tips nya. anak ku susah sekali makannya, sekarang jadi tau deh cara menanganinya ;)

Sep 12, 2014, 15:48 PM
#6

mamahkiki 12 September 2014
mamahkiki
Forum Post: 58 member since
12 September 2014

untungnya anakku makannya tidak susah :)

Oct 13, 2014, 15:00 PM
#7

Alika 18 September 2014
Alika
Forum Post: 36 member since
18 September 2014

kalau aku suka tanya ke anak, mau makan apa. jadi makannya gak susah :)

Dec 18, 2018, 11:41 AM
#8

BundaKin 09 July 2018
BundaKin
Forum Post: 10 member since
09 July 2018

Menurut saya Menjadwal jam makan anak 1 tahun bisa merupakan tantangan tersendiri bagi setiap orangtua. Terlebih jika si Kecil mulai memasuki fase susah makan alias GTM (Gerakan Tutup Mulut). Namun, semakin dini Mum menetapkan jadwal serta pola makan yang baik, maka hal tersebut akan menjadi pondasi diet sehatnya kelak.

Setelah melewati ulang tahunnya yang pertama, si Kecil sudah cukup bisa untuk diajak lebih disiplin dalam mematuhi pola makan sehatnya. Mengatur jam makan anak 1 tahun cukup mudah, asal Mum juga konsisten serta disiplin menerapkannya bersama anggota keluarga.

Menurut https://www.friso.co.id/artikel/tips-mengatur-pola-makan-anak-1-tahun Sebelum membuat jadwal makan si Kecil lebih rapi, ada baiknya Mum memperhatikan beberapa hal seperti di bawah ini:

Mengenalkan Menu Keluarga Disesuaikan dengan Usianya
Selepas usia 1 tahun, si Kecil sudah siap mengenal gula dan garam dalam makanan. Yang artinya, dia sudah bisa mengikuti menu keluarga yang Mum sajikan. Namun, jangan terburu-buru mengenalkan menu baru tersebut. Bahkan, jika si Kecil menolak makanannya lebih “berasa”, Mum tidak perlu memaksa. Yang terpenting, cukup hindari penggunaan bahan penyedap rasa.
Makan Bersama Sebagai Keluarga
Libatkan si Kecil dalam makan bersama anggota keluarga yang lain. Berikan piringnya sendiri dan tawari si Kecil memilih serta mengambil makanannya sendiri. Dengan begitu, dia akan merasa lebih bersemangat dalam setiap sesi makannya. Motivasi si Kecil untuk makan sendiri serta ajarkan untuk bertanggung jawab menghabiskan makanan yang sudah diambilnya sendiri.
Makan Tanpa Bermain
Ajarkan pada si Kecil bahwa makan yang benar adalah tanpa melibatkan aktifitas lain seperti bermain, menonton TV, melihat gadget, dan sebagainya. Dengan begitu, dia akan belajar makan dengan fokus serta menghindarkannya dari gangguan pencernaan. Makan dengan bermain akan berisiko membuatnya kembung. Karena selama mengunyah, dia juga akan memasukkan udara yang cukup banyak.
Tidak Memberikan Cemilan Menjelang Jam Makan
Jika Mum menemui si Kecil yang menolak makan saat jam makan tiba, tidak perlu gusar. Cermati apakah si Kecil baru saja memakan cemilan menjelang jam makannya tiba. Dengan begitu, untuk selanjutnya, jangan biasakan si Kecil menyemil mendekati jam makan. Beri pengertian si Kecil untuk memakan cemilannya setelah makan saja.
Mengatur Jam Makan
Mengatur jam makan untuk si Kecil juga bermanfaat untuk mengenalkan rasa lapar. Jika si Kecil sudah terbiasa mengikuti jadwal makan yang konsisten, maka dia bisa memiliki sinyal lapar. Yang nanti dapat berguna untuknya menghindari kebiasaan telat makan.
Contoh Jadwal Makan si Kecil
Untuk si Kecil dengan 1 kali tidur siang
07:00 : Bangun tidur
07:30-08:00 : Minum susu anak 1 tahun dan sarapan
08:00-09:15 : Main
09:15-09:30 : Cemilan sehat pertama
09:30-11:30 : Main
11:30-12:00 : Makan siang
13:00-15:00 : Tidur siang
15:15-15:30 : Cemilan sore
15:30-17:30 : Main
17:30-18:00 : Makan malam
18:00-20:00 : Kegiatan malam atau persiapan tidur
20:00 : Minum susu anak 1 tahun sebelum tidur
Untuk si Kecil dengan 2 kali tidur siang
07:00 : Bangun tidur
07:30-08:00 : Minum susu anak 1 tahun dan sarapan
08:00-09:45 : Main
09:45-10:00 : Cemilan sehat pertama
10:00-11:30 : Tidur siang pertama
12:00-12:30 : Makan siang
12:30-15:00 : Main
15:00-17:00 : Tidur siang kedua
17:30-18:00 : Makan malam
18:00-20:00 : Kegiatan malam atau persiapan tidur
20:00 : Minum susu anak 1 tahun sebelum tidur
Nah, mudah bukan? Itu tadi cara membuat jadwal jam makan anak 1 tahun yang dapat Mum adaptasi di rumah. Sesuaikan dengan kondisi rumah dan tak perlu terlalu kaku untuk menerapkannya. Hanya pastikan saja, Mum konsisten dengan pola tersebut. Selamat mencoba!

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved