Judul Thread > Nutrisi untuk Persiapan Kehamilan

1 of 1 Pages
  • 1
Oct 29, 2014, 15:32 PM
#1

fikaratna 29 October 2014
fikaratna
Forum Post: 24 member since
29 October 2014

Memperhatikan asupan gizi penting banget untuk mempersiapkan kehamilan. Menurut spesialis kebidanan dan kandungan dr Febriansyah Darus, perlu dilakukan persiapan dengan menerapkan pola atau gaya hidup sehat sejak dini. Seperti apakah? Berikut kiat-kiat yang bisa dilakukan calon ibu :

- Penuhi kebutuhan nutrisi
Ketika merencanakan kehamilan, mulailah mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Pasalnya, makanan yang diasup sebelum kehamilan akan berpengaruh terhadap nutrisi janin.

- Olahraga teratur dan rutin
Selama masa prakonsepsi, calon ibu dianjurkan untuk rutin berolahraga. Olahraga membantu melancarkan peredaran darah, sehingga berpengaruh positif pada kesehatan sistem reproduksi, termasuk rahim. Selain itu, dengan fisik yang sehat dan stamina yang kuat akan membuat calon mama senantiasa bugar, percaya diri, terhindar dari stres.

- Hindari rokok dan alkohol
Bila calon ibu terbiasa merokok atau bahkan minum alkohol, sebaiknya segera dihentikan. Pasalnya, merokok dan minuman beralkohol akan menurunkan kemungkinan hamil sebesar 50 persen.

- Batasi kafein
Kurangi juga konsumsi kafein seperti yang terdapat di dalam kopi, teh, minuman bersoda, minuman berenergi. Kafein dapat menghambat aktivitas otot tube fellopian, yang membawa sel telur ke rahim. Konsumsi kafein dapat memengaruhi kesuburan calon ibu. Karena itu, batasi konsumsi kopi di bawah 200-250 miligram kafein per hari.

- Perhatikan Berat Badan
Perhatikan berat badan ideal, artinya tak tak terlalu berat/berlebih atau terlalu ringan/kurang. Pasalnya, kondisi seperti ini menjadi salah satu hal yang menyebabkan wanita sulit hamil

- Konsultasi pada dokter ahli
Rencanakan untuk berkonsultasi dengan ahli. Utarakan pada dokter, penyakit apa saja yang perlu diderita, misalnya alergi, tekanan darah, atau diabetes. Dengan begitu, dokter dapat memberikan arahan apa yang harus diakukan dan konsumsi.

Sumber: health.kompas.com

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved