Judul Thread > Memperisiapkan Nutrisi Kehamilan dengan Kacang Hijau

1 of 1 Pages
  • 1
Nov 18, 2014, 09:36 AM
#1

fikaratna 29 October 2014
fikaratna
Forum Post: 24 member since
29 October 2014

Beberapa waktu belakangan ini saya rajin mengonsumsi sari kacang hijau setiap pagi. Agak terputus saat puasa, namun kembali dilanjutkan saat sahur. Badan terasa segar tanpa terlalu merasa kekenyangan seperti sarapan dengan nasi.

Kacang hijau sudah sangat familiar di Indonesia. Setiap pagi tukang bubur kacang hijau berkeliling komplek menawarkan kegurihannya. Belum lagi tukang kue menawarkan onde-onde hangat yang enak juga buat sarapan.
Sebagai salah satu sumber pangan yang menyehatkan, kacang hijau memang memiliki nutrisi penting yang kaya untuk kesehatan kita.

Kaya Protein
Protein yang terkandung dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu kenyang lebih lama.

Kaya Omega-3
Kacang hijau juga diperkaya dengan Omega-3 sebesar 0,9 mg/100gr dan Omega-6 sebesar 119 mg/100gr. Asupan Omega-3 sangat penting untuk mempertahankan keseimbangan produksi suatu zat seperti hormon yang disebut prostaglandin. Omega-3 penting untuk awal perkembangan janin, baik visual maupun neurologis.

Kaya Asam Folat
Kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159 µg/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. Asam folat terutama sekali penting dalam perkembangan dan pembelahan sel pada masa kehamilan dan pertumbuhan. Jumlah asupan harian asam folat yang dianjurkan untuk wanita yang dalam kondisi sebelum hamil adalah 400 mcg/hari. Sedangkan jumlah asupan harian asam folat yang dianjurkan untuk wanita hamil adalah 600-800 mcg/hari.

Mencukupi asupan nutrisi dan gizi untuk mempersiapkan kehamilan memang sedang saya butuhkan. Siapa bilang harus dengan suplemen yang mahal? Rajin mengonsumsi sari kacang hijau yang murah meriah dan mudah dibuat ini pun, kita bisa mencukupi kok.
Biasakan melihat dulu kekayaan pangan di sekitar kita, kalau tidak ada baru cukupi dengan makanan tambahan lainnya.
Sumber: nutrisiuntukbangsa.org

Nov 18, 2014, 09:39 AM
#2

IbuJelita 29 October 2014
IbuJelita
Forum Post: 44 member since
29 October 2014

setuju banget bun, kacang ijo emang is the best :)

Nov 19, 2014, 09:13 AM
#3

intan 31 October 2014
intan
Forum Post: 37 member since
31 October 2014

makan kacang ijo sama roti itu paling enak bun, kaya akan nutrisi

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved