Judul Thread > HAMIL, KAKI MULUS TANPA VARISES

1 of 1 Pages
  • 1
Oct 29, 2014, 10:06 AM
#1

QQJAMIL 29 October 2014
QQJAMIL
Forum Post: 19 member since
29 October 2014

Caranya sederhana, namun jika dilakukan secara rutin, hasilnya akan lebih optimal.

Tepat pilih alas kaki. Bersamaan dengan makin besarnya perut, tubuh makin condong ke depan, sehingga Anda perlu alas kaki bertumit rendah untuk mendukung dan menyeimbangkan badan, serta membantu melancarkan sirkulasi darah (mencegah varises).
- Pilih ukuran sepatu yang pas di kaki, tidak terlalu sempit juga jangan terlalu lancip, agar tetap menyediakan ruang yang nyaman bagi jari-jari kaki.

- Waktu yang tepat untuk mencoba sepatu adalah siang hari, ketik akaki sudah lelah dan agak membesar.
Perlancar sirkulasi darah. Dengan memperlancar sirkulasi darah kaki, diharapkan varises pun tidak akan muncul.

- Berbaringlah dengan kaki diganjal bantal atau ditaruh di tepi sofa, agar letaknya lebih tinggi dari dada (jantung).
-
Olahraga setiap hari. Misalnya dengan berjalan, naik turun tangga, atau berenang. Kegiatan ini akan membuat pembuluh vena di betis aktif memompa darah kembali ke jantung. Dengan begitu, akan mengurangi penggenangan dan tekanan di pembuluh darah setempat.

- Sering-seringlah menggerakkan kaki. Luruskan dan putar-putar pergelangan kaki secara berkala agar pembuluh darah balik di seputar pergelangan kaki lancar memompa darah kembali ke jantung. Lakukan sebanyak 10 kali putaran dan ulangi setiap 10 menit sekali.

- Kenakan stocking khusus untuk membantu menyangga betis, agar pembuluh darah balik terbantu ketika memompa darah kembali ke jantung, sehingga tidak terjadi “genangan” setempat.

Jaga berat badan. Untuk megurangi bebak di kaki, upayakan agar tidak mengalami kenaikan berat badna yang berlebihan. Jika perlu, konsultasilah dengan ahli gizi. Makalah makanan yang banyak mengandung serat, vitamin A serta vitamin C, agar tidk terjadi varises serta membantu elastisitas pembuluh darah dan kulit Anda.
Rawat kaki. Anda dapat melakukannya sendiri atau dengan bantuan orang lain di rumah.
- Rendam kaki dalam air hangat dan tambahkan garam dapur sekitar tiga sendok makan untuk 10 liter air hangat. Di pasaran juga dijual garam khusus untuk perawatan kaki ini.

- Oleskan sabun di kaki dan pijat perlahan bagian antara telunjuk dan ibu jari kaki (biasanya merupakan bagian yang terasa paling lelah).

- Bersihkan bercak-bercak atau kotoran di kulit maupun kulit yan mati dengan cara menyikatnya dengan sikat khusus (fool file).

- Sikat kuku dengan sikat lembut, keringkan kemudian pijat dengan cairan pelembut.

source: http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Kehamilan/Tips/hamil.kaki.mulus.tanpa.varises/001/005/1066/1

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved