Judul Thread > Cacar Air Boleh Mandi?

1 of 1 Pages
  • 1
Oct 28, 2014, 13:51 PM
#1

abrisam-assyahmi 28 October 2014
abrisam-assyahmi
Forum Post: 2 member since
28 October 2014

Cacar air (varicella, chickenpox) adalah penyakit yang sering menjangkiti anak, terutama di peralihan musim. Meski lebih banyak menyerang anak-anak di bawah 15 tahun, namun bukan berarti orangtua bebas dari virus ini, karena Varicella Zoster Virus (VZV) ini bisa menyerang siapa saja, dan menyerang seumur hidup sekali.
Cacar air ditandai dengan lenting-lenting berisi air, yang besarnya amat bervariasi kecil hingga besar. Banyak salah-kaprah tentang perawatan anak dengan cacar air. Beberapa di antaranya:

Mitos: Saat terserang cacar air, anak tak boleh dimandikan.
Fakta:
Anggapan ini keliru! Justru anak perlu mandi, untuk mencegah infeksi kulit, baik infeksi primer maupun sekunder. Infeksi primer terjadi pada kulit yang sebelumnya sehat atau normal, sedangkan infeksi sekunder terjadi pada kulit yang melenting dan pecah.

Jadi, bila penderita cacar air tidak mandi kebersihan tubuhnya tidak terjaga dengan baik, akibatnya kuman mudah masuk. Salah satu tanda infeksi sekunder adalah timbulnya nanah. Pada kondisi seperti ini biasanya penyembuhan akan meninggalkan bekas di kulit yang kurang elok.

Satu catatan penting adalah kehati-hatian saat mandi. Sebaiknya gunakan sabun yang lembut (misal, sabun bayi). Keringkan badan dengan menepukkan handuk secara lembut guna mencegah lenting tidak sampai pecah atau lecet. Ganti handuk bersih setiap kali habis dipakai, sampai anak sembuh.

Kenakan pakaian longgar agar lenting tak tergesek dan pecah. Taburkan bedak antiseptik (atas anjuran/resep dokter), namun bila lenting pecah, hentikan pemakaian bedak karena hanya akan mengotori dan dapat memicu infeksi sekunder.

Mitos:
Jika satu anak di rumah menderita cacar air pasti kakak atau adik atau anggota keluarga yang serumah pasti tertular.
Fakta:
Tidak juga. Tertular atau tidaknya seseorang tergantung dari daya tahan tubuh. Selama daya tahan tubuh terjaga baik, virus tak akan mempan menembus pertahanan tubuh. Sebaliknya jika daya tahan tubuh buruk, maka virus mudah berjangkit. Jadi belum tentu jika satu anggota keluarga terserang cacar air pasti seluruh anggota keluarga dalam satu rumah pasti tertular.

IMUNISASI YUK!
Imunisasi varisela bisa membantu mencegah cacar air. Kalaupun si Kecil terkena infeksi biasanya akan ringan saja gejalanya. Imunisasi diberikan pada anak usia 1 – 10 tahun, untuk anak 15 tahun keatas, imunisasi diberikan 2 kali, dengan jeda waktu pemberian 1 bulan.

Meski cacar air tergolong tidak membahayakan, namun pada anak dengan gizi buruk bisa menimbulkan komplikasi ke paru dan otak. Demikian juga pada orang dewasa yang terserang cacar air, keadaannya bisa lebih berat.

MENEKAN RISIKO PENULARAN

Hindari percikan ludah, atau bersentuhan dengan keropeng yang masih basah.
Penderita cacar air harus mandi dengan sabun yang lembut.
Usahakan agar lenting tidak pecah.
Selama tidak ada infeksi, taburi lenting dengan bedak, namun jika lenting pecah menjadi keropeng hentikan bedak, ganti diolesi salep (atas resep/anjuran dokter).
Untuk menghindari penularan, pisahkan adik dengan kakak.
Sebagai langkah pencegahan lakukan vaksinasi pada anak yang sehat.

source :https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/cacar-air-boleh-mandi.html

Oct 29, 2014, 15:02 PM
#2

mamarehan 11 September 2014
mamarehan
Forum Post: 37 member since
11 September 2014

jadi kalau cacar, masih boleh mandi ya. wah baru tau sy hehe

Oct 29, 2014, 16:12 PM
#3

IbuJelita 29 October 2014
IbuJelita
Forum Post: 44 member since
29 October 2014

mamarehan said

jadi kalau cacar, masih boleh mandi ya. wah baru tau sy hehe


Aku juga baru tau mama rehan :)

Oct 29, 2014, 17:05 PM
#4

bundatyas 11 September 2014
bundatyas
Forum Post: 8 member since
11 September 2014

setau aku sih boleh yah, tapi mandi nya pake air hangat terus kasih obat khusus, waktu anak saya kena cacar, bentuknya seperti bubuk ungui begitu. kalau pake sabun bayi wah sepertinya saya baru denger tuh. emang bisa yah bun?

Jan 02, 2020, 12:00 PM
#5

Endha16 02 January 2020
Endha16
Forum Post: 1 member since
02 January 2020

Iy baru tau saya.sebelumnya saya pikir tidak boleh...
Trmksih infonya.

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved