Judul Thread > Bahayanya Preeklamsia saat hamil

1 of 1 Pages
  • 1
Oct 29, 2014, 17:19 PM
#1

bundatyas 11 September 2014
bundatyas
Forum Post: 8 member since
11 September 2014

Bunda, aku mau sedikit cerita nih. Jadi ceritanya ini masa kehamilan sahabat saya. Memasuki kehamilan anak keduanya, ada banyak problem melebihi anak pertama. Awalnya sahabat saya sempat hopeless bahwa dia hanya dapat memiliki satu anak. Nyatanya Tuhan masih memberinya kepercayaan memiiliki satu lagi seorang anak.

Di masa kehamilannya yang memasuki 8 bulan, dia divonis dokter sebagai pasien preeklampsia. Penyakit yang membahayakan janin dan juga ibunya. Preeklampsia seperti yang diceritakan dokter saat itu adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil, dan kelebihan kadar protein urine (proteinuria).

ibu hamil yang preeklamsia akan merasakan gejala seperti pusing, kaki bengkak, mata berkunang-kunang. Jika kondisi ini tanpa penanganan, akan mengalami kejang (disebut eklampsia). Namun, kadang-kadang, preeklamsia juga tanpa gejala dan ketika kontrol kehamilan baru ketahuan bahwa tekanan darahnya tinggi.

Penyebab pasti preeklamsia hingga saat ini tidak diketahui dengan jelas. Diduga karena kondisi plasentanya, kekurangan oksigen atau ada gangguan di pembuluh darah. Kondisi ini harus mendapat perhatian khusus, karena akibatnya bisa membahayakan. Ketika tekanan darah sudah amat tinggi, misalnya sampai 170 atau 200, satu-satunya tindakan adalah segera mengeluarkan janin, agar tekanan darah ibu kembali normal. Bila tidak, nyawa ibu maupun si bayi bisa menjadi korban. Secara medis, memang penting untuk menyelamatkan keduanya. Namun, kalau tidak bisa, yang diutamakan adalah keselamatan ibunya.

Dan masa2 itu sahabat aku harus dioperasi untuk mengeluarkan janinnya,di ruang operasi bahkan sempat terserang asma mendadak, dadanya terasa sesak dan dia dulit bernafas. Syukurlah,Tuhan masih mengizinkan dia menjadi seorang ibu, dan sekarang dia sehat wal afiat.

Saran dari dokternya saat itu, sahabat ku harus mengurangi makan berminyak, banyak olahraga, dan jangan kelewat stress. Yah, semoga bunda di sini kehamilannya lancar sampai si kecil launching ke dunia, bundanya pun tetap sehat.

Dec 15, 2014, 12:35 PM
#2

Lita 11 September 2014
Lita
Forum Post: 44 member since
11 September 2014

Aduh bun.. ngeri juga yaaa.. :(

mudah2an smua lancar2 aja deh ya untuk yang lagi mengandung.... trmksh bun share infonya yaa.. ;)

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved