Judul Thread > Atasin Anak Bandel Nih Bun

1 of 1 Pages
  • 1
Sep 11, 2014, 14:49 PM
#1

jengnuri 11 September 2014
jengnuri
Forum Post: 8 member since
11 September 2014

Bun, saya punya temen anaknya bandel banget. Mau dicubit, dipukul gak mempan. Nangis sih habis itu nakal lagi, malah lebih bandel. Nah khusus anak yang seperti ini nih bun gak bisa dengan cara kekerasan. Butuh kesabaran deh buat mengatasinya. Ada beberapa pelatihan yang tadi saya dapatkan semoga membantu yah :

• Menarik perhatian si anak secara terarah
Coba ajak si kecil melakukan kegiatan atau bermain bersama yang sesuai dengan keinginannya, tapi tentu disesuaikan dengan usianya yah bun. Dan kegiatan yang bunda siapkan ini harus benar-benar kegiatan yang dapat menarik perhatian dan minatnya. Dan perhatikan juga kegiatan yang bunda pilih ini dapat membantunya mneyalurkan energi emosionalnya yang selalu berlebihan itu

• Latih respon secara terarah atau beri dia tanggapan
Anak juga perlu dilatih loh gimana supaya dia memberi respon atau tanggapan, misalnya nih
diminta tangkap dan nendang bola, diminta meletakkan sesuatu pada tempatnya (kalau ini bunda harus tunjukkan di mana tempatnya yah, dibimbing bun), diminta mewarnai sesuai contoh, diminta meneruskan atau melempar bola yang disodorin ke dia

• Latih dia belajar mengamati
Agar kemampuan si anak meningkat dalam hal mengendalikan emosi, membangun pemusatan perhatian dan meningkatkan konsentrasinya, bunda bisa melatihnya belajar mengamati. Nah, coba bunda ciptakan kondisi di mana anak jadi aktif terlibat dalam kegiatan atau permainan misalnya saat bermain bola bareng sama si papa, coba minta dia buat nendang bola dan si papa jadi kiper atau bunda susun lingkaran atau ban dan minta dia untuk melompat di antara susunan itu atau merangkak dalam susunan itu seolah-olah sedang berada dalam terowongan, dan banyak lagi lainnya bun. Musti kreatif deh bun.

Mengatasi anak yang bandel sebenarnya gampang-gampang susah sih. Intinya bunda harus sabar dan mau meluangkan waktu memberi perhatian pada kelebihannya itu. Boleh juga ajak si papa biar anak gak merasa hanya bunda temannya bermain yah. Semoga bermanfaat bunda.

Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2013/08/11/cara-menghadapi-anak-hiperaktif-583366.html

Sep 11, 2014, 15:43 PM
#2

BundaIda 11 September 2014
BundaIda
Forum Post: 50 member since
11 September 2014

aku juga di rumah suka gitu bun, klo anak bandel biasanya minta lebih untuk di perhatikan :)

Sep 17, 2014, 14:49 PM
#3

mamahkiki 12 September 2014
mamahkiki
Forum Post: 58 member since
12 September 2014

memberikan perhatian ke anak, memang penting banget bun

Oct 28, 2014, 14:24 PM
#4

AmandaPutri 28 October 2014
AmandaPutri
Forum Post: 41 member since
28 October 2014

anak ku bandel banget, terimakasih banyak jengnuri infonya

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved