Judul Thread > Apakah Aman Ibu Hamil Naik Pesawat?

1 of 1 Pages
  • 1
Sep 11, 2014, 16:21 PM
#1

Lita 11 September 2014
Lita
Forum Post: 44 member since
11 September 2014

Sebenernya naik pesawat untuk ibu hamil aman gak sih? Pada dasarnya, menurut dokter kandungan saat yang paling aman untuk melakukan perjalanan jauh dengan pesawat adalah masa trimester kedua, tetapi hal tersebut juga tetap harus dengan persetujuan dokter yang menangani kehamilan bunda.

Karena banyak hal yang bisa terjadi selama bunda di dalam pesawat, apalagi jika bunda sudah memasuki masa trimester akhir atau 2 minggu sebelum jadwal melahirkan. Maka sangat disarankan sebelum bunda memutuskan untuk naik pesawat, maka sangat penting bagi bunda untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan bunda.

Selain itu juga, di beberapa maskapai penerbangan telah menetapkan aturan sendiri dalam urusan ibu hamil ini. Dan memang pada umumnya maskapai tidak mengijinkan ibu hamil naik pesawat jika sudah memasuki kehamilan usia 35 minggu.

Tetapi jika dalam keadaan kondisi tertentu maskapai penerbangan dapat mengijinkan ibu hamil naik pesawat jika telah membawa persetujuan dari dokter yang mengijinkan melakukan perjalanan udara dan telah membuktikan bahwa bunda melakukan perjalanan udara tersebut untuk hal yang mendesak.

Berikut ini beberapa tips bagi ibu hamil jika akan naik pesawat terbang untuk melakukan perjalanan.
• Kenakan sabuk pengaman di bawah perut bunda.
• Minum banyak air untuk mengurangi dehidrasi selama perjalanan.
• Jika bunda merasa pusing atau mual, maka mintalah pada pramugari untuk memberikan bunda oksigen untuk menormalkan tekanan.
• Bawa obat dasar yang sangat diperlukan oleh bunda.
• Jangan lupa untuk selalu membawa nomor kontak dokter kandungan dan buku riwayat pemeriksaan kehamilan bunda.
• Aturlah dengan maskapai penerbangan agar bunda dapat duduk di dekat pintu keluar sehingga ada ruang lebih luas untuk kaki bunda bergerak dan berselonjor.
• Ketika bunda merasa jenuh dan hendak berjalan-jalan di lorong pesawat sebenarnya bukanlah ide yang baik, hal tersebut karena tubulensi yang tak terduga bisa membahayakan bunda.
• Sering lakukan perengangan dengan cara menggerakkan kaki selama perjalanan agar terhindar dari kram dan kekakuan otot. Selain itu juga, pertegangan ini juga berguna untuk mengurangi resiko pembekuan darah dikarenakan tekanan udara dalam pesawat yang lebih rendah.

Sumber: www.bundaibu.com

Sep 12, 2014, 15:47 PM
#2

mamahkiki 12 September 2014
mamahkiki
Forum Post: 58 member since
12 September 2014

pas hamil anak pertama, aku suka dinas ke luar kota, jadi mau tidak mau harus naik pesawat. tapi alhamdulillah tidak ada apa-apa.

Sep 17, 2014, 14:54 PM
#3

MamahNabila 11 September 2014
MamahNabila
Forum Post: 43 member since
11 September 2014

Supaya lebih aman, di rumah aja deh :)

1 of 1 Pages
  • 1
Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved