COMING SOON
Mengajarkan Tata Krama pada Si Kecil Sejak Dini
April, 25 2017 19:09:30

Sering kali kita menjumpai seorang anak dengan tingkah laku yang boleh dibilang kurang sopan untuk dilihat. Pada saat seperti itu mungkin kita berpikir bahwa hal tersebut adalah wajar karena ia masih kecil. Bunda, meskipun masih berusia dini, bukan berarti Bunda bisa membiarkan Si Kecil melakukan hal yang kurang sopan. Oleh sebab itu, penting untuk mengajarkan tata krama pada Si Kecil sejak usia dini. Berikut ini contoh tata krama dasar yang bisa Bunda ajarkan pada.

Mengucapkan “Terima Kasih”

Jangankan anak kecil, terkadang orang dewasa pun lupa mengucapkan terima kasih setelah mendapat bantuan. Agar hal ini tidak terjadi ketika Si Kecil beranjak dewasa, maka ia harus dibiasakan untuk mengucapkan terima kasih. Sekecil apapun bantuan yang ia peroleh, minta ia untuk mengucapkan terima kasih pada orang lain. Bunda bisa memulai hal sederhana ini dari diri Bunda sendiri. Misalnya mengucapkan terima kasih padanya ketika ia membantu Bunda melakukan sesuatu. Ia pun akan meniru kebiasaan baik ini dari Bunda.

Meminta Maaf

Salah satu cara untuk menghindarkan Si Kecil dari sifat ingin menang sendiri adalah dengan mengajarkan padanya untuk meminta maaf. Ketika tidak sengaja menjatuhkan sesuatu atau menabrak orang lain ketika berjalan, dengan meminta maaf akan menunjukkan pada orang lain bahwa ia telah mengakui kesalahannya. Selain meminta maaf, ajari juga Si Kecil untuk memaafkan kesalahan orang lain dengan mengajarkan padanya bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Kelak ini akan menumbuhkan jiwa pemaaf pada diri Si Kecil.

Mengucapkan Kata “Permisi”

Ketika ada banyak kerumunan orang di hadapannya sedangkan ia harus melewati kerumunan itu, maka ajari dia untuk mengucap kata permisi. Katakan padanya bahwa cara ini adalah cara yang sopan untuk meminta orang di hadapannya agar memberinya jalan. Jika Si Kecil tidak diajari hal sederhana ini sejak dini, ketika dewasa ia tidak akan segan-segan berjalan di depan kerumunan orang tanpa sepatah kata pun. Ini tentu saja akan membuat orang lain berpikir bahwa ia tidak memiliki tata krama. Begitu pun ketika Si Kecil akan masuk ke rumah orang lain  ruangan yang bukan miliknya. Pastikan ia mengucapkan kata permisi.

Menghargai Makanan

Pasti Bunda pernah menjumpai seorang anak yang berkata tidak baik mengenai makanan, entah karena terlalu asin atau terlalu manis bahkan mencaci maki makanan tersebut. Bunda, jangan sampai hal ini terjadi pada Si Kecil, ya. Selalu ajari anak untuk bersyukur dan tidak berkata buruk mengenai makanan. Jika memang ia tidak suka, sebaiknya diam saja atau mengatakan secara halus alasan ia tidak menyukainya untuk menghormati orang yang telah dengan susah payah menyajikan makanan tersebut.

Tidak Menyela Pembicaraan

Sering kali ketika kita tengah asyik mengobrol dengan tetangga atau mengobrol masalah serius dengan orang lain, Si Kecil datang sambil merengek untuk meminta sesuatu. Ini pun akan membuat Bunda merasa tidak nyaman dan malu dengan orang lain, bukan? Maka dari itu, ajari Si Kecil untuk tidak menyela pembicaraan dan menunggunya hingga selesai sebelum mengutarakan apa keinginannya.

Mengucapkan Kata “Minta Tolong”

Ketika Si Kecil mengalami kesulitan dalam melakukan suatu hal, ia akan berusaha meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikannya. Dalam kondisi seperti ini, ajarkan padanya untuk mengucapkan kata “Bunda, adek mau minta tolong”, “tolong ini dong, Kak”, ataupun “maaf, boleh minta tolong nggak....” pada setiap orang yang ia mintai pertolongan. Ini jauh lebih sopan daripada ia merengek atau menyuruh orang lain melakukan suatu hal untuknya dengan nada bicara yang tinggi dan memaksa. Ajarkan pada Si kecil bahwa sebagai makhluk sosial kita pasti memerlukan orang lain oleh sebab itu, kita wajib meminta tolong dengan sopan.

Bunda, mengajari anak tata krama harus dilakukan sejak kecil. Hal ini untuk membuatnya terbiasa dan membangun kepribadian yang baik. Mulailah dengan yang sederhana seperti hal-hal di atas. Hal ini penting karena dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan bisa lepas dari berinteraksi dengan orang lain. Selain mengajarinya tata krama, penting juga bagi Bunda untuk memperhatikan kondisi tubuh Si Kecil. Agar Si Kecil tetap merasa hangat ketika menjalani hari-harinya, gunakan selalu Minyak Kayu Putih Plus sebagai pelengkap setelah mandi.



Page
Related Post